Implementasi Kurikulum Pendidikan, TK Nurul Islam Wanayasa Kunjungi Bonbin ICG

Siswa dan Guru TK Nurul Islam saat mengunjungi Islamic Center Garokgek Purwakarta -
Purwakarta, jatiluhuronline.com - Dalam rangka implementasi kurikulum KTSP yang sudah ditetapkan, siswa  TK Nurul Islam Wanayasa mengadakan kunjungan ke kebun binatang Islamic Center Garokgek (ICG) kecamatan Kiarapedes, Purwakarta. Rabu, (13/3/2019)

Kepala TK Nurul Islam Wanayasa Imas SM, S.Pd. mengatakan kunjungan tersebut adalah sesuai dengan tema kurikulum tentang pengenalan nama-nama binatang dan tumbuhan, tujuannya untuk mengenal binatang dan tumbuhan secara langsung ke lapangan serta melatih kemandirian sosial anak.

"Tujuannya agar anak-anak mengenal macam-macam binatang, mengenal pohon kurma, melatih kemandirian sosial dan kebersamaan" katanya kepada redaksi jatiluhuronline.com, Rabu (13/3/2019

Menurutnya, saat ini masih banyak anak-anak pra sekolah diberikan pengenalan tema binatang hanya teori saja, sehingga hal itu kurang maksimal dalam menyampaikan materi pada proses kegiatan belajar mengajar (KBM) kepada peserta didik.

Kemudian saat ditanya terkait pemilihan lokasi di ICG, menurutnya untuk tahap awal anak usia dini tempat tersebut cukup cocok, selain lokasinya dekat dan mudah terjangkau, guru dan orang tua akan lebih mudah dalam mengkoordinir peserta didik.

"Kan mengenalkan tempat wisata daerah sendiri, karena kita pelaksanaannya pada jam KBM, ya kita cari tempat yang dekat dari sekolah, agar yang jemput pas waktunya pulang lebih mudah, intinya lebih terjangkau dan mudah koordinasinya" katanya.

TK Nurul Islam Wanayasa berlokasi di desa babakan kecamatan wanayasa kabupaten Purwakarta, sekolah tersebut merupakan salah satu lembaga yang fokus pada pendidkan karakter berbasis agama dan budaya.

Lembaga tersebut berada di bawah naungan Yayasan Nurul islam al-arif yang mengelola lembaga pendidkan untuk tingkat TK, TPQ, DTA dan Majlis Ta'lim, dan saat ini santrinya kurang lebih 250 anak dari mulai usia 5-12 tahun. 

Berdiri sejak tahun 1991, sejauh ini lembaga tersebut sudah banyak menghasilkan alumni-alumni yang kompeten, tidak hanya dalam bidang agama namun di bidang yang lainnya pun cukup memberikan kontribusi terhadap pendidikan anak. (MH)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER