Menjelang Ramadhan, Harga Komoditas di Pasar Tradisional Purwakarta Naik Signifikan

H. Aming, Wabup Purwakarta pantau langsung harga komoditas di Pasar Leuwi Panjang.
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Jelang bulan suci Ramadhan, sejumlah harga komoditas di pasar tradisional Purwakarta merangkak naik cukup signifikan, seperti pada harga bawang putih dan ayam potong.

Harga bawang putih naik dari Rp. 40.000/kg menjadi Rp. 48.000/kg bahkan mencapai Rp. 52.000/kg, dan untuk ayam potong dari Rp. 20.000/kg menjadi 36.000/kg.

“Bawang putih cukup mahal,”keluh seorang warga Sri Mulyati (41), warga Kelurahan Ciseureuh.

Adanya ketidak stabilan harga komoditas di pasar tradisional, Wakil Bupati Purwakarta H. Aming dan Kapolres Purwakarta Matrius memantau langsung ke lapangan secara bersama untuk mengecek perkembangan harga.

Dan hasilnya, ia mengakui adanya kenaikan yang cukup signifikan pada sejumlah komoditas pasar. Hanya saja menurutnya, kenaikan tersebut masih terbilang wajar dan stok sejumlah komoditas masih cukup aman. 

"Untuk harga daging sapi masih normal Rp100.000 – 110.000/kg. Adapun harga beras turun dari harga Rp10.000 sekarang menjadi Rp9.000/kg. Kalau ada kenaikan kami akan coba gelar pasar murah bersama Dispangtan (Dinas Pangan dan Pertanian)," kata Aming, Selasa (30/4/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Agus Rachlan Suherlan mengatakan, pasokan beras di Kabupaten Purwakarta sangat stabil terlebih dari bulan Maret sampai bulan Juli sedang panen raya. Sekitar 6.000 ha sawah panen setiap bulannya. (SI/JTO/MH)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads