Bawaslu Purwakarta Bongkar Spanduk Ucapan Selamat Prabowo-Sandi

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Purwakarta tertibkan baliho ucapan selamat atas kemenangan Prabowo-Sandi yang terpasang di area Pasar Rebo Purwakarta, Jum'at, (10/05/2019).

Hal yang sama, Bawaslu juga menertibkan baligo ucapan kemenangan Prabowo-Sandi di Desa Cibogo Kecamatan Plered.

"Hari ini kita menertibkan baliho yang terpasang di pasar rebo dan dua di Kecamatan Plered. Baliho itu terkait ucapan selamat atas kemenangan salah satu capres dan cawapres," ujar Ujang Abdidin, Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta.

Menurut Abidin, terkait ketentuan mengenai deklarasi kemenangan itu sudah diatur dalam Surat Edaran Bawaslu RI No: S-0904/K.BAWASLU/PM.00.00/4/2019 perihal Ketentuan Penetapan dan Deklarasi Hasil Pemilu. 

Dalam surat edaran itu dijelaskan, peserta pemilu tidak melakukan pemasangan alat peraga yang mengandung materi kemenangan sebelum ditetapkan hasil pemilu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Sebelum melakukan pembongkaran baliho, Abidin mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan unsur muspida dan tim pemenangan Capres dan Cawapres 01dan 02, dan diperoleh kesepakatan bersama.

"Penertiban berjalan kondusif tidak terjadi hal-hal diluar dugaan, dan memang itu yang kita harapkan bersama," kata Ujang Abidin. (AP/MH)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER