Dinsos Purwakarta Keluhkan Rumah Singgah Gepeng Belum Terealisasi

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Marakanya para gelandangan dan pengemis (Gepeng) di Purwakarta patut menjadi perhatian Pemkab Purwakarta, dan perlu adanya pembinaan intensif terhadap mereka yang berdatangan dari penjuru wilayah.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta Asep Surya Komara mengaku bahwa selama ini pihaknya masih terkendala sarana dan prasarana terkait pembinaan para gepeng yang terjaring operasi.

Menurutnya, pemerintah mestinya menyediakan rumah singgah sebagai tempat pembinaan para gepeng yang berdatangan ke Purwakarta yang kerap membuat resah sebagian masyarakat Purwakarta.

"Rumah singgah akan sangat bermanfaat. Terutama untuk peningkatan keterampilan mereka. Nantinya, mereka yang tinggal di panti singgah itu akan terus dididik dan dibina. Supaya, mereka memiliki keterampilan khusus," ujar Asep, Kamis (9/5/2019).

Sejauh ini, pihaknya telah mengusulkan supaya dibangunnya rumah panti untuk mereka. Namun hingga saat ini belum direalisasikan. Padahal, rumah panti tersebut sangat diperlukan untuk tempat singgah para gepeng yang terjaring operasi.

"Kalau mereka memiliki keterampilkan dan diarahkan saya yakin mereka akan berkembang dan jumlah gepeng di Purwakarta semakin menurun," katanya.

Asep berharap, kedepan usulannya itu bisa terealiasi. Dengan demikian, Purwakarta akan bersih dari gepeng dan anak jalanan. (AP/MH)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads