Sidak Ramadhan Minimarket, Tim Gabungan Temukan Produk Makanan Tak Layak Konsumsi

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan dan Perikanan, serta Satpol PP Kabupaten Purwakarta, lakukan sidak ke sejumlah minimarket di Purwakarta. Senin, (20/5/2019).

Sidak yang dilakukan tim gabungan itu berhasil mengamankan beberapa produk makanan dalam kondisi kemasan sudah rusak, kadaluarsa dan tidak layak dikonsumsi, namun masih saja dijual belikan.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta Karliati Djuanda mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari inspeksi mendadak (sidak) yang sudah biasa dilakukan menjelang hari raya (lebaran).

"Banyak barang promo yang dijual di pasaran. Makanya kami perlu memeriksa, baik dari kemasan, kode produksi terutama kedaluarsa makanan tersebut. Ya ini bagian dari kewaspadaan agar konsumen aman," ujar Karliati.

Dalam sidak itu, tim mendapatkan beberapa produk buah-buahan yang mulai membusuk. Sehingga, komoditas ini pun juga ikut diamankan petugas. 

Seluruh barang bermasalah itu langsung diamankan untuk diteliti. Selain itu, instansi terkait juga langsung memberikan pembinaan kepada pengelola minimarket atau swalayan yang kedapatan menjual produk tersebut.

Menurut dia, selama Ramadhan ini petugas terus melakukan pemantauan ke berbagai minimarket dan swalayan yang ada di Kabupaten Purwakarta agar dapat meminimalisasi produk-produk yang tak layak dijual supaya lebih aman dikonsumsi masyarakat. (jn/jto/mm)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads