Program TKM Disnakertans Solusi Kurangi Pengangguran

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Kabar gembira untuk para pemuda dan pemudi Purwakarta yang berusia 19-29 tahun yang belum memiliki pekerjaan alias pengangguran. Disarankan mengikuti Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM).

Program TKM tersebut diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Purwakarta khusus bagi para pemuda yang berniat mengembangkan usahanya secara mandiri.

Program tenaga kerja mandiri sendiri merupakan program yang diluncurkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI dengan tujuan mendorong tumbuhnya pengusaha-pengusaha muda usia produktif di sejumlah desa di Kabupaten Purwakarta.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Disnakertrans‎ Kabupaten Purwakarta, Tuti Gantini mengatakan, warga yang mendapatkan program TKM nantinya akan mendapatkan pendidikan selama 3 hari, dan juga sarana penunjang lainnya.

“Warga yang mengikuti program TKM, akan dididik supaya produktif dan mandiri. Misalnya, menjahit, beternak, dan lainnya, sehingga mereka tetap produktif,” kata Tuti di Desa Cadas Sari, Kecamatan Tegalwaru, Kamis (13/6/2019).

Untuk kabupaten Purwakarta, lanjut Tuti, hanya di beri alokasi sebanyak 5 desa masing-masing desa berjumlah 20 orang. Padahal minat masyarakat Purwakarta mengikuti program TKM tersebut cukup tinggi.

“Masing-masing desa itu jatahnya 20 orang. Selain pelatihan, mereka juga diberi bantuan untuk alat praktek. Jadi, yang minatnya menjahit, kami kasih mesih jahit. Yang berternak, kami kasih domba,” jelas dia.

Tuti berharap kedepannya jumlah kuota program TKM dapat bertambah, karena masih banyak warga yang membutuhkan program tersebut untuk keahlian kerja serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Tujuan utama program ini untuk meningkatkan tarap ekonomi,” pungkas Tuti. (pp/jro/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Program TKM Disnakertans Solusi Kurangi Pengangguran"

Posting Komentar