Kades di Purwakarta Segera Berakhir, Pemkab Purwakarta Siapkan 83 Pjs

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Pada bulan Agustus 2019 mendatang, sebanyak 83 jabatan kepala desa di Kabupaten Purwakarta akan diisi oleh pejabat sementara (Pjs), hal itu dilakukan mengingat akan berakhirnya masa jabatan di 83 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Purwakarta, Pandadinata mengatakan, pengisian Pjs tersebut dimaksudkan agar pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan semestinya.

“Untuk mengisi jabatan kades yang kosong tersebut maka Pemkab Purwakarta akan mengangkat Pjs, hal ini dilakukan agar pelayanan terhadap masyarakat tidak terganggu,” katanya kepada awak media saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (22/7/2019). 

Adapun status Pjs yang akan menggantikan kekosongan kepala desa tersebut harus berstatus PNS yang bertugas di kecamatan atau kabupaten sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara untuk pelaksanaan pemilihan 83 kepala desa di kabupaten Purwakarta mungkin akan digelar secara serentak tahun 2020 mendatang.

"Ibu Bupati sih inginkan di tahun 2020, tapi itu semua tergantung keputusan beliau. Untuk Kabupaten Purwakarta bisa melakukan Pilkades serentak ya di tahun 2020," katanya. 

Saat ini, pihaknya telah menerima daftar nama-nama yang diajukan sebagai Pjs Kepala Desa yang kemudian akan diajukan kembali kepada Bupati untuk ditindak lanjuti, mengingat Keputusan Pjs kades ini merupakan hak preogratif bupati.

"Kami sudah terima daftar nama yang akan menjadi Pjs kades, yang diusulkan dari pihak pemerintah Kecamatan. Nanti kami usulkan kembali ke Ibu Bupati, nanti beliau yang memutuskan," jelasnya.

Menurutnya, meski desa tersebut dipimpin Pjs, tetapi pemerintahan dan pembangunan harus tetap optimal.

"Kebutuhan masyarakat harus tetap berjalan dan harus dilayani dengan baik. Pilkades serentak akan digelar tahun 2020. Tetapi, jadwal pastinya belum diputuskan Bupati Purwakarta," pungkasnya. (jn/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER