Dongkrak Popularitas UMKM, Galeri Menong Jadi Pusat Pemasaran Produk Lokal

PURWAKARTA, JATILUHURONLINE.COM - Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus berupaya mendorong para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya di sektor perekonomian dengan produk lokal.

Bahkan, Pemkab Purwakarta tengah menganggarkan Rp. 1,7 miliar untuk bantuan pengembangan UMKM di tahun 2020 mendatang.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, produk UMKM di Purwakarta dinilai cukup banyak dan perlu ada perhatian khusus agar lebih dikenal masyarakat luas dan memiliki nilai jual lebih tinggi.

"Harus kita dorong agar UMKM di Purwakarta lebih dikenal oleh masyarakat luas," ujar Anne.

Galeri Menong menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai pusat pemasaran produk-produk lokal yang dihasilkan dari para UMKM masyarakat Purwakarta.

Produk lokal masyarakat Purwakarta seperti teh, kopi, makanan-makanan ringan, dan lain sebagainya bisa dipajang di Galeri Menong.

"Galeri Menong, kan, sudah ada. Nanti akan kita siapkan Galeri Menong kedua. Karena di situ tempatnya strategis berhadapan dengan Taman Air Mancur Sri Baduga yang jumlah pengunjungnya cukup banyak. Sehingga diharapkan wisatawan memborong seluruh produk UMKM asal Purwakarta," kata Bupati Purwakarta yang akrab disapa Ambu Anne.

Selain itu, penambahan Galeri Menong di beberapa titik wilayah Kabupaten Purwakarta akan terus dimaksimalkan, secara bertahap akan dibangun di lokasi-lokasi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan luar daerah, misalnya di Badega Gunung Parang, Wanayasa dan Sukasari.

"Upaya tersebut diharapkan mampu mendongkrak popularitas UMKM di Purwakarta," kata Anne. (jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER