Hari ini, Perayaan Hari Jadi Purwakarta 2019 Resmi Dibuka

PURWAKARTA, JATILUHURONLINE.COM - Pembukaan Perayaan Hari Jadi Purwakarta ke-188 dan Kabupaten Purwakarta ke-51, Pemkab Purwakarta resmi membuka "Mitembeyan" sebagai acara pertama dari rangkaian kegiatan Hari Jadi Purwakarta dengan mengadakan Tabliqh Akbar bersama Gus Muwafiq bertempat di Taman Maya Datar. Selasa (16/7/2019).

Acara pembukaan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Wakil Bupati Aming, Polres Purwakarta yang mewakilinya, Dandim 0619 Purwakarta, Yon Armed 9 yang mewakilinya, tokoh-tokoh masyarakat dan instansi lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Anne Ratna Mustika mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat serta instansi yang hadir pada acara pembukaan Hari Jadi Purwakarta.

Menurut Anne, rangkaian kegiatan Mitembeyan ini adalah pembuka yang paling utama dalam seluruh rangkaian hari jadi Purwakarta yang akan digelar sampai tanggal 17 Agustus 2019 dengan mengambil tema "Nyi Pohaci" dalam bahasa sunda artinya pare atau Padi.

Menurutnya, padi merupakan sumber kehidupan masyarakat yang utama, dihasilkan dari para petani dan usaha kecil menengah, bubur ayam, bacang, kupat, merupakan produk dari padi itu sendiri.

“Padi ini, merupakan sumber kehidupan bagi kita semua Masyarakat Purwakarta dan Jawa Barat.Konsumsi atau makanan pokonya masih tergantung terhadap beras.”Ujar Anne.

Untuk itu, Pohaci ini menjadi simbol yang memiliki makna penting untuk diketahui masyarakat Purwakarta khususnya para petani sebagai bagian dari visi misi di sektor pertanian.

”Ini lah komitmen kami harus menjaga seluruh area yang menjadi sumber kehidupan sebagian Masyarakat Kabupaten Purwakarta terutama petani.” kata Anne. (gj/aj/m)

Selain itu, Pemkab Purwakarta juga memberikan santunan untuk 1.000 anak yatim yang ada di Purwakarta yang secara simbolis dierikan kepada pengelola. (ab/jto)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER