Milangkala Purwakarta, Siap Raih Rekor Muri Kembali?

PURWAKARTA, JATILUHURONLINE.COM - Menjelang Hari Jadi Purwakarta ke-188 dan Kabupaten Purwakarta ke-51, sejumlah kegiatan tengah dipersiapkan pemerintah kabupaten Purwakarta.

Dari jadwal yang sudah tersebar ke masyarakat, rangkaian perayaan hari jadi Purwakarta diawali dengan menggelar halal bi halal bersama seluruh lapisan masyarakat pada hari Selasa 16 Juli sekitar pukul 09.00 WIB di Bale Paseban, Pendopo Purwakarta.

Kemudian, esok harinya atau pada Rabu 17 Juli, rangkaian hari jadi ini dilanjutkan dengan kegiatan Muru Indung Cai Purwakarta Istimewa, dalam kegiatan tersebut para pejabat pemerintahan akan membawa air dari 9 mata air di Wanayasa untuk dibawa menuju Situ Buleud. Kegiatan tersebut, berlangsung sore sekitar pukul 15.30 WIB.

Di hari ketiga, Theater Purwakarta Indung Bidaya yang digelar pada Jumat 19 Juli,  kegiatan ini berlangsung sore hari. Kemudian, bertepatan dengan tanggal kelahiran kabupaten yakni pada 20 Juli, menggelar sidang paripurna istimewa. 

Di tanggal kelahiran itu pun ada beberapa kegiatan yang disiapkan pemerintah setempat. Yakni, Wisata kuliner Nyai Pohaci dan pertunjukan 1.000 penari Jaipong. Mereka akan unjuk gigi di sepanjang Jalan Jendral Sudirman (pusat kota).
Setelah kegiatan Sidang Paripurna Istimewa, masih banyak rangkaian kegiatan menarik lainnya yang disiapkan pemerintah di hari berikutnya. Dari kegiatan yang terjadwal itu, ada yang lebih menarik. Yakni, Festival Budaya Nyai Pohaci. Dalam festival ini, diisi dengan kegiatan ‘Ngarak Awug’ yang kabarnya akan kembali menorehkan rekor di Musium Rekor Indonesia (Muri).

“Rangkaian Kegiatan hari jadi Purwakarta akan berakhir pada 17 Agustus mendatang. Di hari yang bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI itu juga ada pesta rakyat lainnya. Semisal, Festival Kendaraan hias dan Festival Panjat Pinang,” ujar Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta, Heri Anwar di Purwakarta pekan kemarin. (ab)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER