Taman Air Mancur Sri Baduga Tidak Beroperasi, Berikut Alasannya

PURWAKARTA, JATILUHURONLINE.COM - Pertunjukan Air Mancur Sribaduga Purwakarta tidak beroperasi, penghentian air mancur terbesar se asia tenggara ini berlaku mulai Sabtu (20/7/2019) hingga waktu yang belum ditentukan.

Hal itu diduga karena musim kemarau yang panjang sehingga mengakibatkan debit air berkurang dan berdampak pada ketersediaan air di areal situ buleud.

Kabid Pariwisata Disporaparbud Purwakarta, Irfan Suryana mengakui akan dihentikannya pertunjukan air mancur tersebut.

"Benar, pertunjukan air mancur Sri Baduga akan diliburkan untuk sementara waktu mengingat debit air sedang kurang," kata Irfan di Purwakarta.

Irfan mengatakan jika debit air telah kembali normal dan memenuhi syarat pertunjukan maka air mancur akan dioperasikan kembali.

Dengan kondisi saat ini, lanjut Irfan, pihaknya tidak mau ambil risiko jika dipaksakan khawatir akan terjadi kerusakan di sejumlah alat pengoperasian air mancur karena kekurangan air.

"Tidak tahu sampai kapan liburnya, kami tidak mau ambil risiko. Jika dipaksakan saat debit air kurang, khawatir malah merusak komponen-komponen air mancur," ujarnya.

Jika debit air kurang, maka daya tekan untuk mengoperasikan air otomatis tidak akan optimal.

Dengan keadaan tersebut, pihaknya memohon maaf kepada para wisatawan yang datang ke Purwakarta untuk menyaksikan pertunjukan air mancur terbesar se asia tenggara itu.

"Kami mohon maaf. Jika beroperasi kembali, pasti kami beri pemberitahuan," ucap dia. (trb/jto/ab)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER