Jago Main Catur, Pelajar SMP Asal Purwakarta ini Siap Go Internasional

Natasya Mulyadewanti saat diundang Dinas Pendidikan Purwakarta untuk bertanding catur bersama sejumlah pimpinan OPD dan mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. (Rabu, 28/8/2019)
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Catur merupakan salah satu permainan yang memiliki banyak penggemar, dari mulai orang dewasa hingga anak-anak bahkan permainan ini sering kali menjadi ajang permainan yang bergengsi.

Selain untuk menghilangkan pikiran yang penat, nyatanya permainan catur juga mampu meningkatkan kesehatan otak dan membuat kerja otak menjadi lebih optimal dan bisa menjadi lebih kreatif, karena saat bermain catur, dituntut untuk memiliki strategi yang baik untuk memenangkan permainan.

Seperti yang dialami salah satu pelajar SMP di Purwakarta, Natasya Mulyadewanti, pelajar SMP Negeri 1 Maniis Kabupaten Purwakarta ini dinobatkan sebagai salah satu peserta yang akan mewakili Indonesia untuk mengikuti perlombaan Catur Johor Open dan Penang Open di Malaysia bulan Desember 2019 mendatang. 

"Berangkat ke Malaysia undangan bersama club di Jakarta, berangkat pada Desember 2019" ujar Natasya yang masih duduk di bangku kelas 9 SMP itu saat diundang Kantor Dinas Pendidikan Purwakarta untuk bertanding catur bersama sejumlah pimpinan OPD dan mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, Rabu, (28/8/2019). 

Pada awalnya, Caca sapaan akrabnya, mengaku tidak menyukai permainan catur, namun Saat itu, Caca dipaksa bermain catur oleh gurunya untuk mengikuti lomba O2SN tingkat kecamatan, karena tidak ada lagi atlet yang mewakili sekolahnya.

"Awalnya memang tidak suka, dan tahu bermain catur sejak kelas II SD, itu juga dipaksa oleh guru, tapi alhamdulilah saya sekarang berada di posisi ini" ucap dia.

Sejak itulah Caca terus mengasah kemampuan permainan caturnya dengan melakukan latihan secara intensif bersama orang tuanya.  

"Kalau di rumah suka main catur sama bapak, yah itung-itung latihan juga," ujar Caca. 

Sebelumnya, Caca yang masih berusia 14 tahun ini, sukses meraih prestasi di ajang permainan catur hingga mewakili Indonesia 'go Internasional' berkat perjuangannya dalam mengikuti tahapan lomba di tingkat kecamatan hingga Provinsi dan Nasional.

Diantara prestasi yang pernah diraihnya, Natasya pernah menjuarai lomba catur pada Olimpiade Olahraga Sekolah Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten dan Provinsi Jawa Barat tahun 2016, pada waktu masih duduk di bangku kelas 5 SD. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER