Ikut Serta Amankan Pengunjuk Rasa, Polwan Diterjunkan Sebagai Negosiator

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Aksi unjuk rasa yang digelar oleh beberapa perwakilan mahasiswa di depan gedung DPRD Kabupaten Purwakarta sempat ricuh. Untuk meminimalisir dari aksi-aksi anarkis, sejumlah petugas kepolisian Polres Purwakarta dikerahkan.

Diantara aparat kepolisian itu termasuk Polwan diterjunkan Polres Purwakarta untuk mengawal dan mengamankan situasi di depan gedung DPRD Purwakarta dari hal-hal yang tidak diharapkan.

Yang menarik, jajaran Personel Polwan Polres Purwakarta berada di garis depan dalam mengamankan aksi demo di depan gedung DPRD pada hari Selasa (6/8/2019) itu.

Aksi demo yang dilakukan oleh gabungan mahasiswa tersebut dilakukan bersamaan dengan agenda pelantikan anggota DPRD Purwakarta periode 2019-2024.

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, melalui Kabag Ops, Kompol Jhonson M, mengatakan, keberadaan personel Polwan di garis depan sebagai negosiator agar demo berlangsung tertib dan aman serta menjaga dari hal-hal yang tidak di inginkan

"Namun, jika aksi demo melakukan dorong mendorong, personel Polwan akan ditarik dan digantikan dengan personel pengamanan pria," ujar Jhonson.

Dalam mengamankan pelantikan anggota DPRD Purwakarta itu, pihaknya menerjunkan 325 personel pengamanan gabungan.

244 personel dari Polres Purwakarta dan selebihnya berasal dari TNI, Dishub dan pihak Satpol PP.

"Untuk pengamanan agenda hari ini kita terapkan pengamanan berlapis, yaitu ring pertama, ring kedua dan ring ketiga," ujarnya. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads