THL di Purwakarta Dibutuhkan, Namun Membebani Anggaran

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Keberadaan Tenaga Harian Lepas (THL) di Purwakarta nampaknya menjadi soal terhadap anggaran di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, pasalnya, Pemkab Purwakarta harus mengeluarkan anggaran kurang lebih Rp. 68 miliar per tahunnya.

“Rp. 68 miliar, jumlah itu sudah berkurang Rp. 4 miliar dari tahun 2018 yang jumlahnya Rp. 72 miliar,” kata Bupati Anne di Kecamatan Campaka.

Menurut Anne, angka tersebut terbilang cukup tinggi untuk membayar honor THL yang lebih 2.000 orang.

Namun, meskipun terbilang cukup tinggi, lanjut Anne,  keberadaan THL masih diperlukan.

Menurut Anne,  hingga saat ini tenaga harian lepas (THL) di Kabupaten Purwakarta masih dibutuhkan, namun dapat membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019. 

Jika diakumulasikan, pengeluaran anggaran belanja pegawai di lingkungan Pemkab Purwakarta yang dialokasikan dari total APBD mencapai 63 % setiap tahunnya atau sekitar 2,4 triliun.

Sementara itu, menurut Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta Ai Saidah mengatakan, saat ini 2.000-an lebih THL tersebar di sejumlah wilayah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Purwakarta. (pp/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER