Unik, Sepeda Onthel Hiasi Kota Purwakarta

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Ratusan pengendara sepeda tua (Onthel) berkeliling dan menghiasi kota Purwakarta pada kegiatan "Rolling City" dalam acara Poerwakarta Bandjir Onthel di Purwakarta, Minggu (25/08/2019).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Sepeda Antik Oentoek Djiwa Raga Sehat (Sapoedjagad) yang bertujuan sebagai membangkitkan spirit nasionalisme dan menjalin silaturahmi antar pecinta onthel se-Nusantara.

Selain itu, dalam pelaksanaannya si pengendara sepeda ontel itu mengenakan pakaian tempo dulu hingga menambah kesan unik serta rasa penasaran masyarakat yang melihatnya.

Menurut Ketua Komunitas Sepeda Onthel Sapu Jagad Purwakarta. Yain mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh para pecinta sepeda onthel dari berbagai daerah di Jawa Barat, dan merupakan bagian dari menyemarakan HUT Kemerdekaan Ke 74- RI.

“Yang hadir lebih dari 200 orang dari seluruh wilayah se Jabar,” ujar Yain, di Purwakarta. Minggu (25/8).

Menurutnya, sepeda onthel merupakan bagian dari sejarah bangsa Indonesia yang tak terpisahkan. Untuk itu, ia terus memperkenalkan kepada generasi muda terlebih dalam komunitasnya yang didominasi oleh orang tua.

“Ya harapannya generasi muda kita mengetahui nilai historis serta bisa menjaga keberadaan sepeda onthel tersebut,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan sepeda onthel tersebut bukan hanya dijadikan sebagai ajang silahturahmi saja, namun ia juga menyediakan jual-beli sparepart sepeda yang sudah tidak dijual ditoko biasa.

“Selain berkumpul kita juga ada jual beli sparepart yang memang sudah sangat susah ditemukan,” katanya. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER