Antisipasi Bencana Alam, ini yang Dilakukan Bupati Anne

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Jelang pergantian musim, pemerintah Kabupaten Purwakarta tinjau ke sejumlah titik lokasi yang dinilai rawan banjir dan longsor.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, sebagai antisipasi terjadinya bencana alam, pihaknya mulai melakukan  upaya pencegahan, salah satunya dengan menyisir saluran air yang ada di sejumlah jalur Purwakarta.

"Hasil pantauan kami, saat ini ada beberapa drainase yang mengalami mampat. Ini harus segera dibersihkan, supaya tak menghambat aliran air saat musim hujan nanti," ujar Anne dalam kegiatan Jumsih di Kecamatan Pasawahan, Jumat (6/9/2019).

Menurutnya, apabila saluran air sudah tersendat oleh sampah-sampah yang ada, maka dipastikan air tidak tersalurkan dengan baik.

"Kalau tidak segera di bersihkan, nanti sampah-sampah yang kebanyakan merupakan daun kering ini bisa menyumbat atau juga terbawa aliran air menuju kota. Kalo sudah begitu, nanti akan berdampak banjir," kata Anne saat meninjau lokasi saluran air jalur Wanayasa-Purwakarta.

Selain itu, Anne pun mengajak masyarakat Purwakarta untuk peduli lingkungan, terutama wilayah yang rawan kebanjiran dan longsor saat musim penghujan tiba.

"Makanya, kami ajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi. Supaya, dampak bencana pergantian musim bisa diminimalisasi," tambah dia.

Sebelumnya, Pemkab Purwakarta sudah mengagendakan program Jum'at Bersih (Jumsih) setiap minggunya, dimana seluruh pegawai instansi di lingkungan Purwakarta dihimbau untuk turun ke lapangan membantu masyarakat membersihkan lingkungannya.

"Jadi, setiap hari Jumat seluruh pegawai itu harus 'guyub' untuk membantu masyarakat membersihkan lingkungan, apalagi Purwakarta dari dulu termasyhur akan kebersihannya. Ini yang harus dipertahankan," kata Anne, istri dari mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER