Sekolah di Purwakarta Dihimbau Buka Seni Bela Diri Pencak Silat

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Purwakarta merupakan salah satu kota yang memiliki ciri khas, terutama dalam pelestarian seni dan budaya kesundaan.

Dalam kerangka mempertahankan nilai-nilai budaya bangsa, pemerintah kabupaten Purwakarta melalui dinas pendidikan menghimbau sekolah-sekolah di Purwakarta membuka ekstrakurikuler seni bela diri silat.

"Salah satu tugas sekolah adalah mewariskan budaya bangsa, dan pencak silat ini harus kita pertahankan dan ajarkan kepada para siswa di sekolah agar mereka mengetahui akan budaya tanah air," ujar Purwanto pada acara Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat Kapolres Purwakarta Cup, di Bale Inung Linuhung, Purwakarta, Sabtu (14/9/2019).

Dengan adanya ekskul ini, para siswa dapat melatih dan mengembangkan bakat serta keahliannya, sehingga melahirkan atlet profesional.

Selain itu, mereka dapat mengikuti berbagai kejuaraan seni bela diri dan meningkatkan prestasi. Dengan demikian, warisan budaya bangsa dapat dipertahankan.

"Itu tentu harapan kita semua, mereka dapat mengharumkan nama baik Purwakarta dalam ajang kejuaraan," kata dia.

Pihaknya pun akan membuat surat edaran kepada sekolah-sekolah di lingkungan Disdik Purwakarta agar ekskul dapat direalisasikan.

"Sebagian sekolah sudah miliki ekskul, namun ada juga yang belum, maka hari saya himbau semua sekolah harus ada ekskul bela diri," ujar Purwanto.

Sementara itu, Kapolres Purwakarta AKBP Matrius dalam sambutannya mengatakan, diadakannya kegiatan Pasanggiri Ibing Pencak Silat Kapolres Cup ini untuk memfasilitasi serta menumbuhkan kembali minat anak-anak Purwakarta tentang seni bela diri pencak silat.

"Salah satu komitmen kita dari Polres Purwakarta untuk melestarikan kebudayaan daerah khususnya di Purwakarta, yaitu dengan menggelar acara Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat ini," ucap Kapolres.

Dengan adanya seni pencak silat dikalangan anak-anak, selain melestarikan budaya lokal, juga menciptakan kegiatan yang bermanfaat dan menjauhkan dari hal-hal yang negatif.

"Ini kegiatan yang pertama kali, Alhamdulillah sebanyak 250 tim mengikuti acara ini untuk memperebutkan 81 medali, dan kegiatan serupa akan kita laksanakan setiap tahun, sehingga Seni Ibing Pencak Silat tertanam dalam jiwa anak-anak di Purwakarta," jelas Kapolres. 

Laporan : Fatih
Editor : Moel

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER