Ma'ruf Amin Kunjungi Purwakarta, Ratusan Personel Tim Gabungan Disiagakan

Purwakarta, Jatiluhuronline.com Ratusan personel gabungan siap siaga mengamankan kunjungan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke Pondok Pesantren Al-Muhajirin kampus 2 Purwakarta pada acara Rapat Pleno Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Setidaknya sebanyak 707 personel gabungan diterjunkan terdiri dari personel Kepolisian Polres Purwakarta sebanyak 415 personel, 25 personel dari Polda Jabar, 187 personel TNI, Satpol PP, Dishub serta Damkar sebanyak 80 personel.

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius mengatakan, pengamanan dilakukan di beberapa titik lokasi yang akan dikunjungi Ma'ruf Amin. Selain itu, ia juga mengintruksikan kepada jajarannya agar memberikan pengamanan kepada seluruh kegiatan yang akan diikuti Maruf Amin selama di Purwakarta. 

"Jadi selain Maruf Amin, kita juga harus melakukan pengamanan tempat-tempat yang bakal beliau kunjungi, kendaraan yang digunakan hingga memberikan pengamanan jalur lalu lintas yang akan digunakan," kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius saat memberikan arahan apel bersama personel pengamanan di Masjid Tajug Gede Cilodong, Purwakarta, Jum'at (20/9/2019). 

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diharapkan, pihaknya juga menginstruksikan agar selalu memperhatikan situasi massa di lokasi, semisal beberapa atribut yang mengarah ujaran kebencian seperti poster, spanduk dan sejenisnya, aksi unjuk rasa yang secara tiba-tiba dan aksi pelemparan juga perlu di antisipasi.

"Kepada petugas pengamanan yang menggunakan pakaian sipil harus berbaur dengan massa untuk melakukan antisipasi sedini mungkin hal-hal tersebut, jika ditemukan hal yang mencurigakan, langsung ambil tindakan," tegas Kapolres.

Antisipasi kemacetan karena penumpukkan kendaraan atau massa juga perlu di antisipasi. Bila diperlukan lakukan buka tutup arus untuk hindari kemacetan, dan juga antisipasi terjadinya kecelakaan.

"Mari kita lakukan pengamanan sesuai dengan posnya masing-masing hingga seluruh kegiatan yang diikuti Maruf Amin berjalan dengan lancar," ucap Kapolres. (joe)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER