MUI Gelar Shalat Istisqa, 1 Orang Jatuh Pingsan

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Musim kemarau pada tahun ini cukup panjang hingga berdampak pada sejumlah daerah di Kabupaten Purwakarta mengalami kekeringan dan krisis air.

Untuk itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Purwakarta menggelar shalat istisqa (meminta hujan) di Taman Pasanggrahan Padjajaran atau Alun-alun Purwakarta. Jum'at, (27/9/2019) sekitar pukul 13.00 WIB.

Ketua MUI Purwakarta KH. John Dien mengatakan, shalat istisqa ini merupakan salah satu bentuk ibadah meminta hujan kepada sang maha kuasa.

Salat istisqa ini diikuti oleh sejumlah elemen masyarakat, termasuk unsur muspida. Namun sepertinya para pimpinan daerah tidak nampak hadir dan hanya diwakili saja.

"Kita memaklumi karena sibuk, yang penting doa dari semua pihak agar segera diturunkan hujan oleh Alloh Swt," kata John Dien.

KH. John Dien sebelumnya sudah menginstruksikan melalui penyebaran surat baik elektronik maupun non elektronik kepada seluruh elemen masyarakat Purwakarta termasuk Pemerintah Daerah agar melaksanakan shalat istisqa.

"Kami intruksikan juga kepada MUI cabang kecamatan untuk melaksanakan salat istisqa," katanya.

Jika pada akhir Oktober nanti hujan tak kunjung turun, memungkinkan salat istisqa akan kembali digelar.

"Nanti kita lakukan kembali, intruksi MUI ke setiap daerah juga nanti kita layangkan juga," ucap dia.

Sementara itu, diduga tidak kuat tahan panasnya terik matahari, seorang jama'ah jatuh pingsan saat mengikuti shalat istisqa.

Pihak keamanan pun (Satpol PP dan Dishub) denhan sigap langsung menangani jamaah dan dibawa ke Pendopo Pemkab Purwakarta. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER