Pawai Obor Meriahkan Tahun Baru Islam di Purwakarta

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Dalam rangka memperingati tahun baru islam 1441 Hijriyah, masyarakat kabupaten Purwakarta menggelar pawai obor.

Masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Purwakarta terlihat sangat antusias merayakan pergantian tahun hijriyah tersebut dengan mengarak obor dari mulai usia anak-anak hingga dewasa.

Seperti halnya di Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, nampak ratusan warga sangat antusias mengikuti pawai obor di wilayah tersebut.

"Masyarakat begitu semangat dan meriahkan pergantian tahun baru Islam ini dengan menggelar pawai obor," kata Afif salah seorang peserta pawai obor saat dimintai keterangan. Sabtu malam (31/8/2019).

Menurutnya, makna pergantian tahun baru islam ini adalah sebuah proses perubahan, intropeksi diri untuk lebih baik dari sebelumnya.

"Adanya perubahan menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya, terutama perubahan akhlak, sikap, mental," katanya.

Ia menambahkan, tahun baru hijriyaj dapat menjadi moment untuk meraih keberkahan hidup, menciptakan perubahan-perubahan yang lebih bermanfaat untuk kepentingan umat.

Di acara pergantian tahun baru itu, masyarakat desa Babakan juga mengadakan doa bersama dengan sejumlah tokoh masyarakat dan dan para alim ulama desa babakan.

"Kami juga melakukan doa bersama di masjid-masjid bersama jamaah, alim ulama, dengan mendoakan saudara-saudara kami, khususnya umat islam di negeri ini," katanya.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat Desa Babakan juga berdoa untuk para pemimpin kota Purwakarta agar tetap aman, damai, dan amanah dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai abdi negara. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER