Masyarakat Purwakarta Dihimbau Tanam Sayur di Pekarangan Rumah

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menghimbau kepada masyarakat Purwakarta untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya dengan bercocok tanam sayuran.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dispangtan Kabupaten Purwakarta, Agus Rachman Suherlan bahwa Purwakarta merupakan salah satu wilayah yang sangat potensial dalam mengembangkan tanam sayuran.

“Purwakarta itu merupakan salah satu wilayah yang potensial untuk pengembangan sayuran. Makanya, ini akan kami dorong ke masyarakat,” ujar Agus Rachman Suherlan, Senin (9/9/2019).

Menurutnya, pemanfaatan lahan kosong dengan menanam sayuran akan lebih berguna, dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Penanaman sayuran bisa dilakukan dengan cara tabula pot, hydroponik atau media lainnya yang mudah digunakan sesuai luas lahan.

Pihaknya pun akan selalu siap jika masyarakat memutuhkan bimbingan atau informasi perihal tanam sayur ini, terutama untuk masyarakat di perkotaan yang sangat terbatas dengan area tanahnya.

"Jika masyarakat memerlukan informasi soal cocok tanam. Nanti, petugas kami akan membantu mentransfer ilmu bercocok tanam kepada masyarakat, khususnya yang ada di wilayah perkotaan,” katanya.

Selain itu, beberapa wilayah di Purwakarta yang cukup berpotensi dalam pengembangan sayuran ini yakni Kecamatan Wanayasa, Bojong, Darangdan dan Kiarapedes, mengingat wilayah tersebut berada di dataran tinggi.

“Selain manggis, cengkeh dan teh, empat wilayah ini memiliki potensi untuk didorong menjadi perkebunan sayur dan hortikultura, diantaranya jenis cabai dan mentimun. Ini akan terus kami dorong,” ujar suherlan.

Selain itu, pihaknya pun akan berupaya melakukan kerjasama dengan para petani dan penyedia benih. (***) 


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER