Video, 7 Rumah Warga di Purwakarta Rusak Tertimpa Batu

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Diduga akibat aktifitas blasting (peledakan) tambang batu oleh PT. MSS, 7 rumah warga Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta rusak terimpa batu. Selasa (8/10/2019) sekira pukul 13.00 WIB.

Menurut salah seorang warga setempat, Budi (30), peristiwa itu terjadi saat warga sedang melakukan aktivitas.

"Biasanya jika perusahaan mau meledakkan batu suka ada pemberitahuan terlebih dahulu, rumah yang tertimpa batu itu milik Holid dan Dodi dan sebuah sekolah TK" ungkap Budi.
Dalam video yang tersebar di media sosial, nampak para warga terlihat shock setelah tempat tinggalnya hancur tertimpa batu berukuran besar.

Kemudian warga setempat marah dan berbondong-bondong mendatangi pihak perusahaan untuk dimintai pertanggung jawabannya.

Diketahui, beberapa waktu lalu pun sempat terjadi longsor yang nyaris mengubur perkampungan akibat dari aktivitas blasting PT. MSS.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penangulangan bencana Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, peristiwa berjatuhannya batu-batu berukuran  raksasa itu dari atas bukit ketinggian 500 meter dan bukan karena faktor alam.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, informasi yang ada itu disebabkan oleh human eror, akibat aktifitas tambang di PT. MSS, bukan karena faktor alam, ini masuk kategori dalam bencana non alam atau kegagalan teknologi. Jadi hal ini sudah bukan menjadi kewenangan kami," kata Wibisono melalui selulernya.

Berdasarkan rilis Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DISKARPB) Kabupaten Purwakarta, kerugian akibat peristiwa itu mencapai ratusan juta rupoah, sementara korban rumah warga yang tertimpa batu itu yakni:

  1. Dodi, 35 th, islam, PNS, Kp Cihandeleum Rt 09/05 desa Sukamulya Kec tegalwaru Kab Purwakarta, (rumah permanen ukuran 10X8 rusak berat)
  2. Holid, 55 th, islam, buruh, Alamat SDA.( Rumah permanen ukuran 8x6 Rusak berat)
  3. Oji, 40th, buruh, alamat sda ( Rusak sedang di bagian kamar mandi / dapur)
  4. Kamsir, 40th, buruh, rumah permanen rusak ringan genteng rumah pecah.
  5. Madrasah MI rusak ringan lantai keramik pecah.
  6. H aceng, 55 th, Buruh, Alamat SDA, Rusak berat bagian kamar mandi.
  7. Aceng, 50th, buruh, islam, alamat SDA, rusak sedang dinding rumah retak.
Berikut videonya :

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER