6,5 Miliar Untuk Perawatan Taman di Purwakarta, Masyarakat Diminta Tidak Merusak Taman

Taman Air Mancur Sribaduga Purwakarta -
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Untuk menjaga aset daerah agar tetap aman dan lestari, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta sudah menghabiskan uang Rp 6,5 miliar per tahun untuk perawatan taman di lingkungan Kabupaten Purwakarta. 

Untuk itu Pemkab meminta masyarakat Purwakarta untuk tetap menjaga dan tidak merusak keberadaan taman yang telah dibangun pemerintah saat ini.

"Kita mengimbau masyarakat untuk ikut serta menjaga dan tidak merusak keberadaan taman yang ada. Karena biaya untuk perawatan taman itu cukup besar," kata Kabid Pertamanan dan PJU, Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Purwakarta, Kosasi, Rabu (27/11/2019).

Saat ini, Purwakarta sudah memiliki 68 taman yang tersebar di 17 kecamatan, dari 68 taman itu, termasuk Taman Air Mancur Sri Baduga yang paling besar perawatannya mencapai Rp 1 miliar untuk revitalisasinya saja.

"Kemarin kita baru revitalisasi Taman Air Mancur Sri Baduga termasuk kursi penonton mencapai Rp1 miliar, dan untuk biaya perawatan taman secara global mencapai Rp 6,5 miliar per tahun," katanya.

Kosasi menambahkan, biaya perbaikan maupun perawatan sifatnya kondisional tidak dilakukan setiap hari, artinya biaya yang dikeluarkan akan cenderung sedikit jika kondisi taman tetap dalam kondisi baik.

"Kalau untuk perawatan seperti melakukan penyiraman dilakukan hampir setiap hari,"ujar kosasih. (jn/rol/jto/mf)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER