Hujan Deras Mengakibatkan Longsor di 'Pengkolan Dadap' Wanayasa

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Purwakarta mengakibatkan longsor pada tembok tebing penahan tanah atau kirmir di kecamatan Wanayasa (pengkolan dadap-situ wanayasa). Senin (25/11/2019) sore. 

Tembok penahan tanah atau kirmir sepanjang 20 meter itu runtuh karena tak kuat menahan beban tanah akibat hujan deras yang mengguyur di wilayah itu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Wahyu Wibisono mengatakan, longsor terjadi pada sekitar pukul 16.55 WIB.

“Terjadi longsor pada tembok penahan tanah TPT yang terletak di Jalan Raya Wanayasa panjang 20 meter terletak di RT 18 RW 07 Desa Wanayasa,” kata Wibi saat dikonfirmasi awak media.

Longsor mengakibatkan sebagian jalan tertutup material longsoran berupa tanah dan batu. Petugas yang menerima laporan pun langsung menuju TKP dan kini masih dalam upaya pembersihan sekitar bahu jalan.

“Hingga saat ini pembersihan tanah merah masih tetap dilakukan. Untuk material besar dilakukan besok pagi mempergunakan alat berat milik perusahaan yang bersangkutan. Untuk arus lalin dapat dilewati hanya masih bergantian,” jelas Wibi.

Tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut, hanya aktivitas lalu lintas sedikit tersendat karena material menutupi sebagian bahu jalan. 

“Akibat dari kejadian tersebut lalu-lintas di sekitar jadi terhambat,” jelasnya. (rol/jto/ab)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER