Waspada Musim Hujan, Purwakarta Berpotensi Bencana Longsor

Longsor di Kecamatan Wanayasa
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Musim hujan tiba, potensi bencana alam yang mengintai di Kabupaten Purwakarta perlu diwaspadai. Bencana longsor dan pergerakan tanah hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Purwakarta.  

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta, Wahyu Wibisono, mengatakan bahwa potensi bencana tersebut dipengaruhi kondisi geografis terutama wilayah di pegunungan. 

"Menurut hasil pengamatan pertugas, hampir seluruh kecamatan memiliki potensi bencana dalam skala menengah hingga tinggi. Dibandingkan banjir, risiko bencana yang paling dominan dari hidrometeorologi adalah pergerakan tanah,” kata wibi kepada awak media.

Di wilayah dengan potensi bencana tingkat tinggi, perlu diwaspadai bencana longsor akibat curah hujan yang di atas normal. Ia memperingatkan lokasi yang rawan biasanya berada di sekitar lembah, tebing, dan lereng pinggir jalan. 

Wibi juga menyebutkan wilayah yang potensi bencananya masih rendah. 

“Hanya dua kecamatan di Kabupaten Purwakarta yang potensinya rendah hingga menengah yaitu Kecamatan Campaka dan Bungursari,” kata Wibi. Alasannya, kedua kecamatan tersebut relatif memiliki permukaan tanah yang datar.

Pihaknyapun terus melakukan antisipasi dan siaga untuk meminimalisir korban adanya bencana alam yang datang secara tiba-tiba. Salah satu upaya petugas ialah dengan memberikan informasi potensi bencana kepada masyarakat luas. 

“Kami juga tingkatkan kesiapsiagaan tenaga relawan atau petugas di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana melalui apel pagi rutin,” ujar Wibi menambahkan. []

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER