Tahun 2020, Pemerintah Siapkan Anggaran 1,4 Triliun untuk Penanganan Sungai Citarum

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Pemerintah Jawa Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat terus mengupayakan program pelestarian DAS Citarum, bahkan di tahun 2020 pihaknya akan memaksimalkan program tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat Bambang Rianto mengatakan, dalam kurun waktu satu tahun kebelakang, ia mengaku sungai Citarum ini sudah banyak perubahan yang signifikan.

“Sebenarnya dalam waktu satu tahun sudah terjadi perubahan yang cukup signifikan walaupun kita baru langkah-langkah awal saja satu tahun ini,” kata Bambang saat memghadiri kegiatan pengerukan Sungai Citarum di Dermaga Bandar Citarum Lestari (BCL) PT South Pacific Viscose, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya, program pelestarian Sungai Citarum ini sudah mendapat porsi anggaran yang cukup besar baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, diantaranya anggaran untuk mengatasi pencemaran Sungai Citarum akibat sampah. 

“Contoh untuk persampahan karena yang signifikan itu kan untuk persampahan. Itu kan kita ada Rp 1,4 triliun anggaran dari World Bank. Itu meliputi empat daerah di hulu dari mulai Januari tahun depan,” katanya.

Ia menambahkan saat ini 23 sektor anggota TNI rutin turun ke lapangan membersihkan Sungai Citarum. Ribuan personel pun diturunkan untuk melestarikan sungai terpanjang di Jawa Barat ini.

“Ini sudah sangat memperlihatkan perubahan yang signifikan. Walaupun programnya belum betul-betul running sepenuhnya. Kalau tahun depan berdasar rencana aksi yang sudah dibuat dari seluruh kementerian terkait juga perangkat dinas di provinsi, kabupaten, kota banyak kegiatan yang akan dilaksanakan,” katanya. [rol/jto/mh]

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER