Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru TKQ-TPQ Purwakarta Menggelar Diklat Metode Tilawati

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Al-Quran merupakan pedoman hidup umat muslim di dunia, tidak sedikit orang mempelajari Al-Quran ini dengan cara menghapal, menulis, membaca dan lain sebagainya.

Seperti yang dilakukan oleh guru-guru Taman Kanak-kanak Al-Quran (TKQ) dan taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) se-Kabupaten Purwakarta saat mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pembelajaran Al-Quran untuk TKQ/TPQ dengan metode tilawati yang digelar oleh LPPTKA-BKPRMI kabupaten Purwakarta bertempat di Aula Masjid Al Falah Sadang. Senin, (18/11/2019)

Panitia Diklat Metode Tilawati, Imas Syarifatul Mudrikah, S.Pd mengatakan, Diklat Metode Tilawati tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas guru dalam memahami dasar-dasar Al-Qur'an.

"Perlu adanya langkah strategis dalam menerapkan metode pembelajaran Al-Quran saat ini, terutama untuk anak usia dini, dan metode tilaway merupakan metode yang tepat untuk diaplikasikan oleh lembaga pendidikan, khususnya pendidikan al-Qur'an" katanya.

Imas menuturkan, bahwa kegiatan diklat metode tilawati ini sangat cocok untuk anak-anak usia dini, karena cara pembelajarannya cukup menarik dan menyenangkan.

"Selain bermain sambil menyanyi, metode tilawati ini juga cukup bagus disampaikan kepada anak-anak, dengan pengenalan dasar-dasar huruf hijaiyah melalui beberapa media yang sudah disiapkan" katanya.

Melalui metode tilawati ini, lanjut imas, anak-anak akan lebih fokus, mudah memhami dan gurupun tidak menghabiskan waktu yang lama dalam menyampaikan materi karena metode ini bersifat praktis. []

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER