Bentuk Karakter Kebinekaan, Kemenag Purwakarta Gelar Madrasah Scout Camp

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta menggelar Perkemahan Pramuka yang diikuti oleh siswa-siswi madrasah se-Kabupaten Purwakarta di Bumi Perkemahan Taman Rusa Desa Ciwareng, Kecamatan Babakancikao, Purwakarta.

Kepala Kemenag Kabupaten Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi mengatakan, kegiatan ini merupakan solidaritas antar lembaga yang selalu merekatkan silaturahmi lewat kegiatan positif seperti Pramuka. 

“Secara historis dan metodologi Pramuka bisa menyatukan seluruh komponen masyarakat, di Pramuka tidak ada kelas-kelas sosial, di Pramuka tetap kebersamaan selalu diutamakan. Oleh karena itu maka silaturahmi ini terus kita dukung dengan melalui kegiatan perkemahan Pramuka ini,” Kata Tedi.

Kegiatan tersebut mengambil tema Madrasah Scout Camp 2019 yang digelar selama tiga hari. Diantara tujuan digelarnya kegiatan tersebut yakni untuk membentuk karakter generasi muda yang memiliki nilai kebhinekaan.

Dalam kegiatan kemah pramuka ini, semua peserta dituntut untuk bisa bekerjasama tim dalam mengatasi setiap persoalan dengan baik guna mempersiapkan mental sebagai bekal jadi pemimpin.

Selain itu, para peserta dituntut menjadi Gerakan Pramuka milenial dan memiliki ciri khas kearifan bangsa Indonesia. Meskipun diakuinya kemajuan teknologi informasi tidak bisa terhindarkan.

Namun demikian, penanaman karakter religius pun menjadi faktor utama dalam membangun generasi muda yang memiliki kepribadian yang arif, bijaksana, sopan santun dan selalu mengutamakan musyawarah dan gotong royong, tidak saling menghasut dan terpecah belah.

Selain itu, adanya Gerakan Pramuka ini berharap menjadi pelopor dari semua kegiatan positif. Sebaliknya, jangan nodai atribut Pramuka dengan perilaku yang buruk, Pramuka dituntut menjadi generasi yang tangguh, kuat dan disiplin serta membanggakan bagi keluarga dan bangsa. (ls/rk/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER