Pelajar di Purwakarta Dibekali Pelatihan Analisis Media Informasi, ini Tujuannya

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Perkembangan media informasi dan komunikasi saat ini semakin meningkat, terlebih di era millenial ini masyarakat dituntut untuk bisa memilih informasi media yang dapat dirpercaya alias bukan hoax.

Seperti yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, menggelar pelatihan analisis media untuk para pelajar se-Kabupaten Purwakarta.

Tujuannya memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam menerima kebenaran sebuah informasi, jangan sampai masyarakat khususnya para pelajar di Purwakarta menerima informasi tanpa analisis hingga terprovokasi oleh berita-berita hoax. 

“Kan bagian membangun filterisasi informasi jangan sampai kita terjebak arus informasi yang berkategorikan Hoaks,” jelas Kepala Diskominfo Purwakarta Ida Hamidah, Di Aula Disporaparbud Purwakarta, Jumat (13/12/2019).

Para pelajar atau kaum milenial menjadi salah satu sasaran utama dalam memfilter informasi terutama di media sosial, untuk itu pihaknya mengajak para pelajar ini untuk berperan aktif dalam bermedia sosial.

“Didominasi oleh para generasi muda,sehingga generasi muda ini menjadi agen informasi,” katanya.

Selain itu, Diskominfo sudah melakukan kerjasama dengan aparat Kepolisian Resort (Polres) Purwakarta dan tim siber hoaxs dalam mencegah informasi-informasi yang dianggap menyimpang dari kebenaran. 

“Kita juga kordinasi antar instansi baik dengan polres maupun tim saber hoaks,” katanya. (dp/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER