Setelah 40 Tahun, Sejarah Cimayasari Terkuak


Subang, Jatiluhuronline.com - Histori nama dan berdirinya Desa Cimayasari Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang, akhirnya terkuak. Hal itu disampaikan Kepala Desa Cimayasari, Arnalim Suryaningrat, pada rapat Minggon yang diselenggarakan pada Rabu (04/12/2019) di Aula Kantor Desa Cimayasari.

Pada rapat yang dihadiri seluruh elemen Desa Cimayasari, Kepala Desa Cimayasari mengungkapkan. Ihkwal sejarah nama dan terbentuknya Desa Cimayasari, hasil pemekaran dari Desa Cipeundeuy. Setelah mendengar dan melakukan langsung penelusuran sejarah Desa Cimayasari, akhirnya mengerucut pada kesimpulan sementara, sebelum akhirnya diputuskan melalui Peraturan Desa Cimayasari.

"Setelah melihat dan mendengar langsung, dari para pelaku dan salah satu inisiator serta tim perumus Desa Cimayasari. Sudah ditemukan dan bisa kita peringati setiap tahunnya, yaitu pada tanggal 07 Desember. Karena berdasarkan hasil penelusuran dan salah satu nara sumber yang masih ada, Desa Cimayasari dimekarkan dari Desa Cipeundeuy, pada tanggal 07 Desember 1979." Kata Arnalim

Lebih lanjut, kades mengatakan. Untuk melengkapi apa yang dipaparkannya, ia mempersilahkan salah satu tokoh masyarakat yang menjadi penelusur sejarah Desa Cimayasari, Ayi Suhenda, untuk menjelaskan kepada para peserta rapat.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan hasil penelusuran dan penelitian sejarah pemekaran Desa Cimayasari, hingga kronologis awal penyebutan nama serta asal muasal. 

Meski dengan situasi dan kondisi yang yang kurang memungkinkan untuk pembahasan hal tersebut, para peserta rapat dan para nara sumber terlihat serius. (***) 

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads