SKPP Tahap Dua Bakal Kembali Digelar Bawaslu Purwakarta

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta berencana akan menggelar kembali Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tahap Dua dengan rekrutmen peserta direncanakan 25 orang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta Ujang Abidin mengatakan, berdasarkan evaluasi dari tahun sebelumnya, untuk pelatihan SKPP tahun ini ada pengurangan peserta yakni 30 menjadi 25 orang.

“Pertimbangan proses pengurangan karena efektifitas per kelas hasil evaluasi,” kata ujang abidin yang akrab disapa kang Uje, dilansir dari rmol.id, Selasa (10/3/2020).

Adapun untuk waktu dan teknis pelaksanaannya masih menunggu petunjuk dari Bawaslu Provinsi.

 “Rencana bulan April, tapi lihat dulu Juknis dari Bawaslu Provinsi,” bebernya.

Tujuan dari SKPP tersebut, yaitu meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat, sebagai sarana pendidikan pemilu bagi masyarakat, pembentukan pusat pendidikan Pengawasan Pemilu yang berkesinambungan bagi masyarakat, menciptakan kader pengawasan yang tepat guna, menciptakan kantong-kantong atau simpul-simpul  pengawasan di semua lapisan masyarakat yang ada.

“Targetnya, peserta atau anak didik Sekolah Kader Pengawas Pemilu Partisipatif mampu menjadi pengawas pemilu partispatif dan penggerak masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan pemilu secara partisipatif. Juga Program ini dapat berkesinambungan dan menjadi model pengawasan pemilu partisipatif yang dapat dilaksanakan pada pemilu-pemilu selanjutnya,” jelasnya.

Lebih lanjut dia berharap, terkait pelaksanaan sekolah pengawasan demokrasi oleh Bawaslu Kabupaten Purwakarta dapat menunjukan bahwa proses demokrasi harus tetap dijaga dan dikuatkan dengan kualifikasi SDM di masyarakat.

“Kesinambungan ini penting untuk tetap mengawal proses demokrasi dan pemahaman kepemiluan bagi masyarakat secara umum,” katanya. (rmol/jto/n)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER