GPII Sesalkan Aksi Pembagian Nasi Kotak oleh Polisi, ini Alasannya

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Pembagian nasi kotak kepada sejumlah warga di pertigaan Ciganea oleh aparat kepolisian resort (Polres) Purwakarta mengundang kritik dari Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Kabupaten Purwakarta, pasalnya kegiatan tersebut dinilai tidak sesuai SOP Peccegahan Covid-19.

Melansir dari rmol.id, Ketua GPPI Kabupaten Purwakarta Mochamad Aripin mengatakan, Pos Dapur Umum Keliling tersebut harusnya tidak difokuskan di satu titik.

“Saya pikir aksi sosial polisi Purwakarta membagikan nasi kotak itu melanggar peraturan, karena situasi Covid-19 ini dilarang melakukan kegiatan yang mengundang keramaian atau kerumunan. Mekanismenya sangatlah tidak sesuai dengan SOP pencegahan Covid-19,” terang Aripin, seperti dilansir dari rmol.id, Selasa (14/4/2020).

Pihaknya juga mempertanyakan, soal presentasi pengguna jalan yang kebagian nasi kotak tersebut, menurutnya jika petugas yang menghampiri langsung pengendara motor akan lebih efektif berbanding terbalik jika petugas hanya menunggu dalam satu titik apalagi menyebabkan kerumunan.

“Dapur umum Kepolisian Purwakarta mengundang kerumunan warga dalam kondisi Covid-19. Pencegahan seperti social distancing atau pshycal distancing secara tidak langsung tidak direalisasikan,” katanya.

Ia juga menyarankan, agar Polres Purwakarta berkordinasi dengan Posko Covid-19 di tiap desa agar peruntukan Dapur Keliling tersebut tepat sasaran.

“Kalau dikordinasikan ke tiap desa kan bisa lebih meminimalisir kerumunan. Jadi Polres tinggal suplai dan mengawasi distribusinya,” papar dia.

Sementara itu, Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan, melalui Waka Polres Purwakarta Kompol Ijang Safei, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Polri di tengah wabah covid 19, dengan membuat dapur umum keliling sebagai bentuk bhakti kemanusiaan dalam rangka pencegahan penyebaran Corona virus disease (Covid19).

“Salah satu pelayanan dari dapur umum keliling ini dengan memberikan bantuan berupa makanan kepada masyarakat yang melintas yang tentu saja terdampak oleh wabah covid19,” terang dia dalam keterangan tertulisnya.

Masih menurut ijang, hari ini polres purwakarta membagian 300 nasi kotak yang dimasak oleh Personel Polres Purwakarta.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin, sampai berakhirnya musibah wabah yang melanda negeri ini khususnya di Kabupaten Purwakarta,“ terangnya. (rmol/jto/m)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER