Peringatan Kemerdekaan, Ala Warga Pinggiran

SUBANG, Jatiluhuronline.com - Memperingati HUT RI ke - 75 warga Kampung Ciranji Rt 007 Rw 003 Desa Cimayasari Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang, kali ini tidak ada yang istimewa dari tahun - tahun sebelumnya. Sedikit agak berbeda, suasana saat ini masih dihantui Pandemi Covid-19.

Namun tidak menjadi halangan bagi warga setempat untuk turut serta memperingati kemeriahan hari kemerdekaan, dengan dana swadaya dan kemampuan warga alakadarnya. Lomba yang jadi ciri khas peringatan HUT RI, Panjat Pinang masih jadi idola warga mayoritas pekerja tetap PT. PN VIII Kebun Jalupang tersebut.

Pagi buta, seluruh anak - anak dan warga sudah siap berkumpul di lapangan sepak bola setempat. Hanya untuk menonton dan berkiprah meramaikan kegiatan Peringatan HUT RI ke - 75, sembari menanti panggilan serta hadiah dari panitia. Walaupun nilainya tidak seberapa, setidaknya mereka beranggapan, "Inilah peringatan kemerdekaan, ala kita warga pinggiran".

Menurut Misran alias Dadang, Ketua Rt setempat. Senin (17/08/2020) saat bertemu dengan Jatiluhuronline.com dilokasi, sambil berbincang dan menikmati hidangan kopi pagi mengungkapkan, bahwa :

"Ini semua inisiatip dan kemauan warga, dana yang terkumpul dan hasil iuran digunakan untuk hadiah dan operasional panitia. Lomba utama yang akan dilaksanakan, Panjat Pinang bapa-bapa serta ibu-ibu. Dan kita sudah siapkan tiangnya dua, yang tinggi buat peserta laki - laki, satu lagi yang agak pendek, buat ibu - ibu." ucapnya

Menurut Ketua Rt 009 pula, walaupun mayoritas warganya buruh tetap PT. PN VIII pekerja sadapan Karet berjumlah 263 orang dari 77 Kepala Keluarga, masih bisa turut serta memperingati HUT RI. Dan tradisi tersebut akan terus dipertahankannya, meskipun nanti dirinya tidak terpilih lagi ataupun tidak menjabat sebagai Ketua Rt 009. Meski minim prestasi, ia telah berhasil membuat sarana kegiatan olah raga warga, berupa Lapang Sepakbola.

Pantauan dilokasi kegiatan, tampak pedagang dan anak - anak berada disekitar lapangan. Sambil menunggu acara dimulai, mereka menikmati jajanan dan suasana pagi yang cerah. Tak lupa, memandangi tiang tertancap dilapangan yang dihiasi berbagai hadiah tergantung. Siap memanjakan animo mereka, mengikuti meriahnya lomba peringatan HUT RI ke 75 di Kampung halamannya. (***/Tom)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Peringatan Kemerdekaan, Ala Warga Pinggiran"

Posting Komentar