Kolecer Tren Mainan Warga Pegunungan Bandung Barat

Bandung Barat, Jatiluhuronline.com - Kincir Angin mainan orang Pasundan yang lebih dikenal dengan sebutan "Kolecer" jadi trend mainan warga pegunungan, terutama di daerah perbukitan. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, semua berlomba membuat Kolecer berbagai ukuran dan kemampuan serta ketersediaaan bahan.

Seperti warga Kampung Cidongke Desa Bojong Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat, anak - anak usia sekolah dasar mengisi waktu libur dengan membuat kolecer ukuran besar. Mereka bekerjasama dan berbagi tugas masing - masing, dari mulai pengumpulan bahan, pengerjaan hingga mendirikan tiang penyangga baling - baling Kolecer.

"Ikut orang dewasa, kita juga anak - anak bisa buat sendiri. Dan ini hobi kita semenjak kecil, yang diajarkan orang tua." Ungkap Nandi (13) saat ditanya, Minggu (03/01/2021) saat ditanya Jatiluhuronline.

Bagi Nandi dan kawan - kawannya, selain menyalurkan hobi dan memanfaatkan arus angin yang lumayan kencang disekitar rumahnya, kalau tidak membuat Kolecer sama saja ketinggalan jaman alias tidak gaul.

"Gak bikin Kolecer, sama saja culun (tidak gaul - red). Ngapain diam dikampung, kalau jadi lelaki tidak bisa bikin Kolecer." Imbuh Nandi

Sepanjang jalan perkampungan dan lingkungan Wilayah Desa Bojong sampai ke Desa Cinengah Kecamatan Rongga, terlihat puluhan Kolecer berdiri dipinggir jalan. Tak jarang akibat putaran kencang, menimbulkan suara gemuruh dan dentuman keras mirip suara gempa.

Berbagai ukuran besar sampai menengah, sementara yang ukuran kecil jadi mainan anak - anak. Sambil berlari - lari, anak - anak memegang Kolecer mencari angin agar berputar kencang. (***/TM)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Kolecer Tren Mainan Warga Pegunungan Bandung Barat"

Posting Komentar