Selamatkan Hasil Tanam, Petani Lakukan Hal Ini


SUBANG, Jatiluhuronline - Petani padi di Desa Cimayasari Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang, Selasa (23/02/2021) pagi mulai lakukan penyekatan areal tanaman. Setiap 5 atau 6 rumpun batang padi yang tergeletak ditanah langsung diangkat, dan diikatkan menggunakan tali plastik ke batang bambu.

Edeng (51) Salah seorang pekerja yang sedang mengikat batang padi, diareal sawah Kampung Ciistal Desa Cimayasari. Kepada Jatiluhuronline mengungkapkan, bahwa cara seperti itu lumayan efektiv untuk menyelamatkan hasil tanam yang nyaris rusak akibat terendam pasir.

"Kalau di daerah pantura, hampir semua dilakukan seperti ini. Hanya disana, biasanya yang mengerjakan perempuan." Ucap Edeng.

Selain menyelematkan butir yang nyaris membusuk, akibat terendam banjir. Menurutnya pula, pnyekatan dan pengikatan batang padi bisa meminimalisir dari ancaman hama tikus yang akan mengerat batang padi.

"Juga memudahkan untuk mengontrol ke areal petak sawah langsung, karena ada celah untuk melewati tiap baris tanaman padi." imbuh Edeng.

Tampak terlihat rapih dan tertata dengan baik batang padi yang sudah diikat ke tongkat bambu, dan tidak merunduk atau takut terendam banjir air sawah, apabila curah hujan tinggi. (***/R)




SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Selamatkan Hasil Tanam, Petani Lakukan Hal Ini"

Posting Komentar

ads