Anggaran 5% DPRK untuk Kabupaten Bireuen Sebagai Kota Santri

Bireuen, Jatiluhuronline.com - Hal ini disampaikan Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, pada pembukaan Musrenbang tingkat Kabupaten Bireuen, di Aula Setdakab Lama, Kamis, 25 Maret 2021.

Musrenbang dibuka Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi hadir Forkopimda, Asisten, Kepala SKPK, para Camat dan perwaki lan 17 kecamatan.

Rusyidi mengatakan, ini sebagai upaya mendukung Kabupaten Bireuen telah dideklarasi sebagai Kota Santri di Hari Santri Nasional ke 6 tingkat Provinsi Aceh, 22 Oktober 2020 lalu.

"Hasil pertemuan di gelar di Takengon, tentang Dinas Syariat Islam, perlu kita berikan anggaran 5 persen, untuk bisa melaksanakan program non fisik, setelah Bireuen ditetapkan sebagai Kota Santri," kata Rusyidi

Selain itu juga, perlu di membuat sebuah qanun agar dapat dilaksanakan pemimpin Bireuen masa depan. 

"Kami beberapa hari ini membuka sidang paripurna rancangan qanun dalam Prolegda tahun 2021, perlu kita masukkan agar ada legalitas hukum Bireuen Kota Santri," ujar Rusyidi

Rusyidi mengatakan Musrenbang itu sarana untuk menetapkan rencana pembangunan Kabupaten Bireuen tahun 2022, dengan mengedepankan prioritas kebutuhan masyarakat diusulkan 17 kecamatan.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan untuk kelanjutan pembangunan gedung DPRK Bireuen perlu d anggarkan lagi tahun 2022, begitu juga dana membangun rumah sakit regional perlu dianggarkan di APBA.

Selain itu dibutuhkan peningkatan status rumah sakit tipe D untuk wilayah Timur dan Barat, karena sistem pengobatan sekarang ini berjenjang. 

"Rujukan dari Puskesmas ke rumah sakit tipe D, dan rumah sakit tipe D pemerintah belum ada," ungkapnya.

Selanjutnya, kata Rusyidi, pengadaan tanah untuk SMPN 1 Peusangan terkena perluasan Masjid Besar Peusangan. di Kecamatan Jangka ada tanah dua hektare pengadaan tahun 2010 lokasi pembangunan SMK Perikanan Kecamatan Jangka, diharapkan adanya pembangunannya. (hendri/jto)


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Anggaran 5% DPRK untuk Kabupaten Bireuen Sebagai Kota Santri"

Posting Komentar