4 Langkah Mudah Menjadi Penyiar Radio


4 Langkah Mudah Menjadi Penyiar Radio
Oleh : Desy Nur Anggraeni (Mahasiswi prodi Komunikasi Penyiaran Islam STAI DR. KHEZ. MUTTAQIEN)

Jatiluhuronline.com - Penyiar adalah seseorang yang menyiarkan sebuah siaran baik di radio atau pun televisi. Untuk kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menjadi penyiar radio. Kalian pasti sudah tidak asing lagi’kan dengan istilah radio atau penyiar radio, beberapa di antara kalian juga pasti pernah bahkan sering mendengarkan radio. Mendengarkan lagu-lagu yang di putarkan si penyiar juga ocehannya yang setia menemani hari-hari sedih dan bahagiamu.

Tak jarang ketika mendengar suara dan ocehan si penyiar kamu merasa itu sangat keren dan berangan-angan ingin menjadi penyiar sepertinya. Terkadang pula kamu membayangkan kalau yang sedang berbicara itu adalah kamu, benar’kan? Atau kalian memang teringin jadi penyiar, tapi tidak percaya dengan kemampuan yang kamu miliki.

Nah, berikut beberapa langkah yang harus di lakukan jika kamu ingin menjadi penyiar radio.

Untuk menjadi penyiar atau cara jadi penyiar itu sebenarnya berbeda-beda, tergantung stasiun radio itu sendiri. Namun, beberapa langkah di bawah ini tidak ada salahnya untuk kamu coba sebagai bekal awakmu.

1. Sering mendengarkan musik

Usahakan kamu sering mendengarkan musik setiap harinya juga menyukai semua genre musik, atau setidaknya kamu tahu beberapa genre musik. Hal ini wajib di lakukan karena ketika kamu siaran, kamu akan memutarkan banyak lagu dengan genre berbeda untuk para pendengar setiamu.

2. Suka membaca berita

Hal ini juga penting kamu lakukan jika ingin menjadi penyiar. Kenapa? Karena dari sinilah kita akan mendapatkan berita yang uptodate sehingga bisa menjadi bahan pembicaraan untuk mengisi siaran.

Menjadi seorang penyiar radio tentu tidak mudah. Pekerjaan ini menuntut kita untuk banyak berbicara dan menemukan topik pembicaraan yang menarik untuk menarik minat pendengar. Dengan selalu membaca berita menjadi salah satu cara untuk kamu menemukan topik pembicaraan yang akan kamu sampaikan saat siaran.

3. Mendengarkan radio favorit kamu

Selain itu kamu coba perhatikan cara penyiar favorit kamu dalam membawakan siaran. Kamu bisa perhatikan bagaimana penyiar favorit kamu berinteraksi dengan pendengar setianya. Cari nilai plus dari penyiar favorit kamu dan kenapa ia bisa dicintai pendengar setianya. Kamu bisa jadikan analisis kamu sebagai bahan referensi dan menambah keterampilan kamu.

4. Sering berbicara.

Ini menjadi point penting yang tidak boleh kambuh lewatkan jika ingin menjadi seorang penyiar radio. Karena seorang penyiar itu identik dengan banyak bicara. Kamu bisa berlatih dengan cara berbicara di depan cermin, selain itu kamu juga bisa rekam suaramu dan mendengarkannya kembali. Hal ini bermanfaat untuk kamu agar bisa mengevaluasi kembali bagian mana saja yang harus kamu perbaiki dan tingkatkan.

Itulah langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebelum kamu jadi penyiar. Jangan lepas mimpi dan keinginanmu, terus berusaha dan gapai semuanya.

Semangat untuk calon-calon penyiar hebat Indonesia, semoga informasi ini bermanfaat untukmu.
*Isi tulisan diluar tanggung jawab tim redaksi Jatiluhuronline.com

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "4 Langkah Mudah Menjadi Penyiar Radio"

Posting Komentar