Dukung Transformasi Digital UKM Purwakarta, JNE Gelar Goll Aborasi Bisnis Online 2021


Purwakarta, Jatiluhuronline.com
Di era pandemi COVID-19 transformasi digital menjadi strategi yang kian ditekuni para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Pasalnya, terjadi peningkatan drastis angka pemanfaatan layanan digital yang digunakan oleh masyarakat dalam transaksi jual beli. Inovasi dan transformasi digital juga diharapkan menjadi upaya akselerasi pemulihan ekonomi pelaku usaha di Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19.

Sebagai mitra UKM untuk bersaing di dunia digital, JNE mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Purwakarta. Melalui webinar online ini diharapkan UKM di Indonesia, khususnya di Purwakarta dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global.

Gelaran webinar Ngajak Online 2021 ini dibuka oleh Murah Lestari selaku Head Regional JNE Jawa Barat, pihaknya berharap pelaku UKM mampu melakukan inovasi dan adaptasi teknologi untuk menghasilkan produk yang kuat serta solusi layanan digital yang inovatif.

Mendukung digitalisasi UKM di Purwakarta, Iwan Ridwan selaku Branch Manager JNE Purwakarta menyampaikan, “JNE menerapkan dan melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan UMKM seperti sharing, pelatihan, dan edukasi. Kegiatan sosial juga kami lakukan bagi masyarakat kabupaten atau kota sehingga keberadaan JNE terasa lebih dekat dengan masyarakat”, ujar Iwan pada Goll…Aborasi Bisnis Online yang digelar secara virtual via Zoom, Rabu (21/7/2021).

Dalam menjamin kemanan barang para pelaku usaha Iwan menegaskan, “JNE juga menyediakan berbagai layanan yang mempermudah pelaku usaha seperti @BOX, apabila kiriman berpotensi rentan terhadap kerusakan, kita akan lakukan proses handling khusus selain dari packaging dari shipper, kami akan melakukan cross check lagi untuk melengkapi dengan bubble wrap disertai packing kayu agar lebih aman.”, tegasnya.

Dengan tagline Connecting Happiness, JNE Purwakarta berkomitmen untuk dapat menghantarkan kebahagiaan dengan berbagai langkah dan layanan seperti COD, pick-up gratis, pelatihan bagi para UKM hingga beragam kegiatan sosial. Saat ini, JNE Purwakarta telah memiliki 65 titik jaringan dan lebih dari 300 karyawan yang tersebar di seluruh Purwakarta.

Turut hadir sebagai pembicara, Azis Bajrie selaku Co-Founder Bangsawan Group dan Founder PT Bathix Indo Nusantara membagikan langkah awal bagi pelaku usaha untuk menggaet pasar digital.

“Yang paling penting adalah tahu dulu target market kita siapa. Apakah unggulnya di facebook, instagram, atau mungkin salah satu nya saat ini di TikTok. Otomatis cara main sosial media-nya pun berbeda dan behaviour di tiap platform pasti berbeda. Pada dasarnya yang paling penting adalah diferensiasi. Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik dari produk lain.”, pungkas Azis.

Kedatangan pandemi ke Indonesia tak membuat Azis pesimis untuk menekuni bisnisnya, pihaknya menyatakan adaptasi akan teknologi merupakan kunci agar tak tertinggal minat pasar.

“Pasti ada beberapa yang sudah terkena efek pandemi sekarang ini. Tapi kita harus paham kalau rezeki kita sudah diatur dari sebelumnya, sehingga kita bisa tetap fokus berjualan on track. Yang paling penting bagi kami dan tim sebetulnya bukan tidak ada market, karena yang ada adalah perpindahan yang tadinya konvensional, orang-orang mulai melakukan digitalisasi. Yang paling penting adalah bagaimana cara pasar bisa membeli produknya. Sekarang dengan adanya financial technology, kita harus adaptasi secepat mungkin agar target kita tetap sesuai dengan apa yang kita harapkan.”

Sejalan dengan pernyataan Azis, Raden Roro Ati Rinawati selakuowner Sate Samarina menyatakan pentingnya terus melakukan inovasi produk dan kolaborasi dengan pelaku UKM lainnya untuk memikat konsumen.

 “Sebetulnya saya termasuk orang yang tidak bisa berjualan, lebih ke produksi. Oleh karenanya saya mencari cara agar produk ini bisa dijual. Saya bekerja sama dengan teman-teman UKM dan berkolaborasi, salah satunya dengan e-commerce, reseller-reseller yang banyak membantu untuk menjualkan produk kami. Dan satu yang tak kalah penting adalah produknya harus inovasi, jangan biasa-biasa saja. Harus memiliki kelebihan dan keunggulan sendiri”, ujar Rina.

Dalam kegiatan ini, Purwakarta merupakan kota ke-37dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 yang sebelumnya telah dilakukan di Palangkaraya. Gelaran webinar ini turut hadir dalam rangka memperingati hari jadi kota Purwakarta yang ke-190pada 20 Juli 2021.  Setelah Kota Purwakarta, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Kediri pada 27Juli 2021. Roadshow di 60 kota di seluruh Indonesia, JNE Ngajak Online 2021 dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate. (rls)


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Dukung Transformasi Digital UKM Purwakarta, JNE Gelar Goll Aborasi Bisnis Online 2021"

Posting Komentar