Ketua DKA Bireuen, Resmikan Festival Permainan Bambu

Jatiluhuronline, Bireuen – Sebanyak 17 grup peserta dari kecamatan se Kabupaten Bireuen mengikuti Festival, yang digelar oleh PT. Takabeya Perkasa Group Bireuen. Dilapangan Paya Kateung Cot Gapu, Kamis (11/11/2021), dengan memperebutkan total hadiah sebesar 10 juta rupiah.

Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen, H. Mukhlis, sekaligus Direktur Utama PT. Takabeya Perkasa Group mengatakan. Festival tersebut bertujuan untuk menghidupkan kembali tradisi budaya Indatu, sekaligus bertepatan dengan hari pahlawan.

"Kita menyadari, selama dua tahun terakhir situasi pandemi membuat masyarakat haus akan hiburan. Melalui festival ini, kita berharap kerinduan masyarakat dapat terobati. Yang berdampak pula, pada meningkatnya daya tahan tubuh kita," ujar H. Mukhlis

Dijelaskannya, pemilihan festival Toet Budee Trieng tersebut, dirasa tepat menjadi hiburan bermanfaat bagi masyarakat. Dan sebanyak 17 kecamatan mengirimkan peserta, untuk mengikuti Lomba Toet Budee Trieng.

Yang pelaksanaannya, dinilai langsung oleh tim juri handal dari Kabupaten Pidie. Kriteria penilaian antara lain suara dihasilkan dari bambu, bentuk, serta jenis bambu yang digunakan. Selain juga keunikannya, dari tampilan yang dibuat oleh para peserta.

Pada acara Festival tersebut, DKA juga mengadakan vaksinasi bagi warga masyarakat. Yang akan memperebutkan nomor undian, dua tiket umroh dan satu unit sepeda motor dari PT Takabeya Perkasa Grup. 

"Kita berharap antusias warga masyarakat yang datang menonton, dapat memanfaatkan gerai vaksin untuk berikhtiar melawan Covid-19," imbuh H. Mukhlis.

H. Mukhlis memastikan, ke depannya DKA Bireuen bersama PT Takabeya Perkasa Group. Akan mengadakan banyak kegiatan maupun lomba kebudayaan, serta kesenian daerah yang dapat diikuti oleh masyarakat luas. (Hendri/***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Ketua DKA Bireuen, Resmikan Festival Permainan Bambu "

Posting Komentar