Ribuan Santri TKA-TPQ Purwakarta Ikuti Peragaan Manasik Haji

Santri TKA-TPA saat mengikuti bimbingan manasik haji. Photo: Jatiluhuronline.com

Purwakarta, Jatiluhuonline.comLebih dari 2.000 santri yang tergabung dalam Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (LPPTKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur'an (FKPQ) Kabupaten Purwakarta mengikuti peragaan manasik haji yang bertempat di lapangan Resimen Armed Purwakarta.

Ketua pelaksana kegiatan manasik haji santri LPPTKA BKPRMI, Riki Andrianto saat dihubungi awak media Jatiluhuronline.com menyampaikan bahwa kegiatan manasik santri tersebut merupakan salah satu program LPPTKA BKPRMI Kabupaten Purwakarta yang digelar setiap tahunnya, diikuti oleh 2.063 santri Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dari setiap unit lembaga pendidikan Al-Qu'an yang ada di kabupaten Purwakarta.

“Pada tahun ini, peserta terdaftar sebanyak 2.063 peserta” ujarnya. Sabtu, (17/09/2022).

Ia pun menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut agar mendidik para anak-anak baik dari tingat Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA) maupun dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), agar anak-anak lebih mengenal proses dasar-dasar pelaksanaan haji maupun umrah.

Sementara itu, ketua umum BKPRMI Kabupaten Purwakarta, Rohendi, S.Ag., MA, M.I.Kom  menyampaikan bahwa pelaksanaan manasik haji tersebut sebagai bagian dari silaturahmi dari masing-masing unit lembaga pendidikan Al-Qur’an yang ada di kabupaten Purwakarta.

“Kegiatan manasik haji ini merupakan bentuk silaturahmi dari semua lembaga Pendidikan Al-Qur’an se-Kabupaten Purwakarta sekaligus memberikan edukasi kepada santri, agar mereka bisa mengenal tata cara manasik haji dan mudah-mudahan menjadi cita-cita dan do’a bisa melaksanakan ibadah haji atau umroh,” tuturnya.

Untuk diketahui, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) yang lahir di Kota Bandung pada tahun 1977, merupakan organisasi gerakan dakwah dan wadah komunikasi program untuk pemuda dan remaja masjid seluruh Indonesia dengan tujuan untuk memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan dakwah keislaman, yang berasas Islam dan berstatus independen.

BKPRMI mempunyai peranan untuk membina para pemuda dan remaja sebagai promotor di dalamnya terdapat lembaga pengembangan yang meliputi :

1. LPPDSDM (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Dakwah dan Sumber Daya Manusia),

2. LPPTKA (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an)

3. LPPEKOP (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Ekonomi dan Koperasi)

4. LPPKM (Lembaga Pemberdayaan dan Penguatan Kesehatan Masyarakat)

5. LPPK Sakinah (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Keluarga Sakinah)

6. LBHA (Lembaga Bantuan Hukum dan Advokasi)

7. Brigade BKPRMI

(***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Ribuan Santri TKA-TPQ Purwakarta Ikuti Peragaan Manasik Haji"

Posting Komentar