Pertahankan Tradisi Budaya, Pemdes Cigelam Gelar Ruwat Bumi

Jatihuronline, Purwakarta - Pemerintahan Desa (Pemdes) Cigelam Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta, menggelar acara Hajat Bumi atau Ruwatan yang berlokasi di halaman Kantor Desa, Rabu (19/10/2023) siang dengan Pagelaran Wayang Golek 

Ruwatan dan Pagelaran wayang golek dipimpin oleh Dalang Kasepuhan A. Suparman Suganda, dari Lingkung Seni Sunda Wayang Golek Pusaka Loka asal Desa Kamurang Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang 

Ruwatan tersebut dilaksanakan untuk melestarikan adat budaya di Jawa Barat, Alhamdulillah ini sangat luar biasa untuk contoh Desa lainnya. Termasuk di źKabupaten Purwakarta, Subang maupun Karawang. Hal tersebut sebagaimana di sampaikan A.Suparman Suganda, Dalang Wayang Golek Pusaka Loka.

Disampaikan oleh Sekdes Cigelam,Talam Erawan, diselenggarakannya Acara Ruwatan itu, semoga Desa Cigelam yang punya slogan Ngaronjat, lebih maju dan lebih sejahtera.

"Acara ngaruwat Desa ini di Desa Cigelam dalam masa jabatannya kepala desa, selalu melaksanakan Acara Ngaruwat Desa. Berdasarkan masukan para tokoh - tokoh Desa Cigelam. Dengan ihtiar ini maksudnya, untuk keberkahan warga masyarakatnya dan selamat dari musibah. Serta menambah wawasan masyarakat sadar  dengan adanya budaya yang kita punya." Pungkasnya. (***/DJ)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Pertahankan Tradisi Budaya, Pemdes Cigelam Gelar Ruwat Bumi"

Posting Komentar