Puluhan Warga Bogor Keracunan Makanan, Yang Dihidangkan Ibu RT

Jatiluhuronline, Bogor - Peristiwa keracunan massal masakan pengajian di RW 12 Kelurahan Cipaku, Bogor Selatan, Kota Bogor berujung pemeriksaan kepada sejumlah pihak. Salah satunya pengurus RT setempat, yang menjadi juru masaknya. 

Menurut Kadinskes Kota Bogor, Sri Nowo Retno, 93 warga yang diduga mengalami keracunan makanan itu merasakan gejala yang sama. Yaitu diare, muntah, hingga nyeri pada perut terasa perih dan perut mual berasa masakannya agak basi.

"Jadi mulai dari Senin siang, kami mendapat laporan dari Puskesmas Cipaku. Ada peningkatan kasus pasien, dengan gejala yang sama, yaitu diare muntah nyeri perut." kata Retno.

Sedikitnya, kata Retno. Ada 50 warga yang datang ke Puskesmas, dengan waktu yang hampir sama.

"Hampir bersamaan, 50 orang datang ke puskesmas. Kami mencurigai ini, setelah kita wawancara dan analisis karena ada riwayat yang sama," imbuhnya

Jadi menurut Retno, sebelum puluhan warga ini diduga mengalami keracunan makanan masakan Bu RT. Pada Minggu (02/06/2024), warga mendapatkan santapan dari acara peringatan tahunan.

"Jadi sehari sebelumnya, mereka ada makan dari acara haul di RW 12 Kelurahan Cipaku. Sampai saat ini, kami Investigasi total ada 93 pasien dengan gejala yang sama," singkatnya.

Sebelumnya, puluhan warga di wilayah Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor diduga keracunan makanan. Polisi sebut satu orang meninggal dunia dan telah dimakamkan pihak keluarga

Kapolsek Bogor Selatan, Kompol Diana Susilowati, mengatakan. Puluhan warga Kelurahan Cipaku tersebut, mulai merasakan indikasi keracunan pada Senin (03/06/2024) kemarin. Setelah mendapatkan informasi tersebut, pihak kepolisian pun langsung melakukan pengecekan ke puskesmas terdekat dan Kelurahan Cipaku.

"Kami sudah menanyakan kepada warga yang mengalami sakit, dan tanyakan juga ke warga sekitar. Termasuk yang masak dan semuanya, alhamdulillah sudah kita dapatkan informasinya," kata Diana, Selasa (04/06/2024). 

Diana menyebut, para warga yang diduga keracunan makanan tersebut mendapatkan hidangan dari acara peringatan tahunan warga Cipaku. Hampir Satu RT keracunan, masakan istri Ketua RT.

"Kegiatannya adalah, haul meninggalnya suami dari salah satu warga. Itu sudah setiap tahun mengundang warga, yang masak Bu RT, warga mendapat berkat dari situ." Pungkasnya. (***/RIK)


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Puluhan Warga Bogor Keracunan Makanan, Yang Dihidangkan Ibu RT"

Posting Komentar