5 Perairan Terjernih di Dunia

Lima tempat di bawah ini memukau mata anda dengan kejernihan dan kebersihan airnya.

Jiuzhaigou Valley, Cina. (Shutterstock)
 
Pernahkah anda bepergian jauh untuk berwisata di pantai atau danau, hanya untuk mendapatkan perairan yang kotor dan keruh?
Berikut ini adalah lima tempat di dunia dengan air sejernih kaca, dimana anda dapat berenang sekaligus melihat keindahan biota air yang ada di bawahnya.

1. Laghi de Fusine, Itali
Laghi de Fusine, Itali.
Laghi de Fusine, Itali. (Flickr, Roberto de Matteis)
Lokasi danau glasial yang tenang dan sunyi ini dapat ditemukan sejauh satu mil dari perbatasan Itali dan Slovenia. Luasnya danau yang jernih ini merupakan daya pikat utama bagi para turis. Walau anda tidak dapat berenang di danau ini karena airnya dingin membekukan, anda dapat tetap mengamati kehidupan organisme yang tinggal di bawah danau karena  airnya yang sangat jernih.

2. Rio de Prata, Bonito, Brazil
Rio de Prata, Bonito, Brazil.
Rio de Prata, Bonito, Brazil. (Flickr. O Fuji)
Sungai yang terletak di kota Bonito, Brazil ini airnya sungguh jernih dan transparan sehingga segala objek di bawah permukaannya jelas terlihat berkat filter alami dari batuan gamping yang ada di sepanjang sungai.
Di sungai ini anda dapat dengan mudah menjumpai ikan emas Dorados (yang juga dikenal sebagai mahi-mahi) dan ikan bersirip kuning Piraputangas.

3. Jiuzhaigou Valley, Cina
Jiuzhaigou Valley, Cina.
Jiuzhaigou Valley, Cina. (Shutterstock)
Menurut cerita legenda Cina, sebanyak 108 titik danau di konservasi alam Jiuzhagiou Valley dulunya muncul akibat pecahan cermin milik seorang dewi yang ia dapatkan dari kekasihnya. Di tempat terberainya ke-108 pecahan cermin tersebut kemudian muncul danau dengan air biru jernih yang memberikan pemandangan menakjubkan. Titik yang paling spektakular dan wajib dikunjungi wisatawan adalah Five Flower Lake dan Five Color Pond, yang sesuai namanya, merupakan danau dengan air sejernih kaca.

4. Exuma, Bahamas
Exuma, Bahamas.
Exuma, Bahamas. (Flickr, Buckiejoe)
Setiap pulau di Exuma selalu dikelilingi oleh perairan Bahamian yang jernih, biru, dan hangat. Anda dapat melakukan selancar di pantai dengan nama Tropic of Cancer, dinamakan demikian karena memang ombak di pantai ini melambai sejajar dengan Garis Balik Utara (Tropic of Cancer, garis lintang bumi).

5. Zamami, Jepang
Zamami, Jepang.
Zamami, Jepang. (Flickr, Ippei & Janine Noui)
Daya pikat di tempat ini adalah spot diving dan snorkeling di pantai Furuzamami, dimana anda dapat memanjakan mata dengan pemandangan bawah laut dihiasi terumbu karang dan ikan cantik berwarna-warni. Wisatawan juga selalu terpikat untuk mengunjungi tempat ini pada musim semi dan musim salju, dimana paus humpback akan muncul di permukaan laut. (Difa Restiasari, /natgeo. huffingtonpost)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close