Pesawat Ruang Angkasa NASA, Tangkap Gambar Menakjubkan di Pluto

Inilah penampakan yang berhasil ditangkap pesawat ruang angkasa NASA di Pluto
Inilah penampakan Pluto yang berhasil ditangkap pesawat ruang angkasa NASA
JATILUHURONLINE.id, WASHINGTON – Pesawat ruang angkasa New Horizons milik NASA yang diluncurkan pada bulan Juli 2014 lalu baru-baru ini berhasil memotret gambar planet terkecil dalam tata surya, Pluto dan satelitnya Charon.
“Gambar yang berhasil kami tangkap menggunakan pesawat NH menunjukkan pemandangan yang sangat luar biasa yang terjadi dalam sistem tata surya kita,” kata direktur divisi ilmu planetarium NASA, Jim Green seperti dilansir zeenews.india.com, Jumat (17/4).
Dalam foto yang diambil dari jarak 115 juta ilometer ini, menunjukkan bahwa Charon terlihat lebih gelap dari pada Pluto.
“Perbedaan warna ini bisa jadi disebabkan oleh material penyusun yang berbeda, atau mungkin disebabkan oleh atmosfer di Charon yang tidak terlihat,” imbuh Green.
Charon berukuran setengah dari ukuran Pluto. Setelah 85 tahun Pluto ditemukan, astronom berhasil menemukan 2 satelit atau bulan lain yang berorbit mengelilingi Pluto, ia adalah Nix dan Hydra. Kedua satelit ini berhasil ditemukan para astronom melalui teleskop ruang angkasa Hubble pada tahun 2005 lalu.
Selain ketiga satelit tersebut, masih ada 2 satelit lain yang berorbit mengelilingi Pluto, yakni Styx dan Kerberos. (M*)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close