Warga Pendatang Papua, Hanya Mandi 2 Kali Seminggu

Pemukiman Kelurahan Akibo
JATILUHURONLINE.id - DOGIYAI-PAPUA, Sejumlah pendatang Warga Kelurahan Akibo Distrik Kamu Kabupaten Dogiyai Papua Tengah, biasa mandi hanya 2 kali dalam seminggu. Hal itu dikarenakan, suhu dan cuaca tempat tersebut yang terlampau dingin. Selain dari akibat lain yang membuat mereka ketakutan, apabila terlalu sering mandi. Diantaranya, gejala rematik dan perubahan warna kulit.

Seperti diungkapkan Emi (27) warga setempat asal Sulawesi kepada Jatiluhuronline, dirumah kediamannya, Senin (20/04) sekitar Jalan Kompas Kelurahan Ikebo. Ia mengatakan, biasa mandi pada hari-hari tertentu saja atau seminggu 2 kali. Tepatnya, kalau ada acara pesta atau acara penting lainnya. Pada hari biasa, hanya Jum'at dan Selasa saja ia bersihkan badan.

"Kalau terlalu sering, kulit jadi berubah warna dan mengkerut. Kalau habis mandipun, harus pakai hand body, biar kulit tidak mengkerut." Emi menambahkan.

Senada dengan Emi, Sutikno (54) warga asal Banyuwangi Jawa Timur ini, mengatakan. "Wih, ngeri mas kalau harus mandi tiap hari. Dinginnya minta ampun, saya takut kena penyakit remtik. Padahal saya dari tahun 85, menginjakan kaki disini." Ucap pria yang berprofesi guru SD ini kepada Jatiluhuronline.

Perlu diketahui, letak geografis Kelurahan Ikebo Distrik Kamu Kabupaten Dogiyai, tepat dibawah Kaki gunung dekat dengan Bandara Monamani. Dimana sekelilingnya, dikelilingi gunung api yang tidak aktif. (TA***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close