Sate Maranggi Purwakarta, Makanan Khas Asli Indonesia

Sate maranggi Cibungur, makanan khas Purwakarta
JATILUHURONLINE. id - WISATA KULINER, Banyaknya olahan kuliner indonesia membuat kita sering kali dibuat kebingungan menentukan makanan apa yang akan disantap. Kuliner tanah air nampaknya tidak bisa dipisahkan dengan sate. Selain sate yang dengan mudah kita dapat temukan hampir di seluruh pelosok Indonesia seperti sate kambing dan sate ayam. Masing masing daerah memiliki jenis sate yang khas berasal dari daerah itu sendiri. Sebut saja misalnya sate maranggi di daerah purwakarta, Atau sate katak di Jogjakarta, bali kita mengenal sate lilit.

Pertama kita akan mencicipi sate maranggi. Sate maranggi sendiri adalah makanan khas kabupaten purwakarta jawa barat. Disajikan dalam keadaan kering tidak langsung dicampur bumbu kacang atau kecap. Walaupun bertekstur kering sate sapi atau kambing ini rasanya tetap manis dan gurih karena sudah dibumbui terlebih dahulu. Di tempat makan sate maranggi biasanya disediakan cabe, sebotol kecap manis dan bumbu oncom yang terpisah bila anda menginginkan.

Uniknya selain ditemani nasi, Sate maranggi ini juga dapat ditemani oleh ketan bakar. Sebelum dibuat sate, daging sapi atau kambing pilihan direndam dalam bumbu yang terbuat dari kecap dan beragam rempa rempa khas Indonesia. setelah itu daging ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar dengan arang batok kelapa asli sehingga memberikan sensasi yang berbeda dengan sate daging lainnya.

Daging bertekstur empuk dipadu dengan beberapa potong lemak di tiap tusuknya. Menghasilkan kombinasi yang pas sehingga membuat anda ketagihan. Bagi anda yang menghindari lemak, pesan saja sate maranggi polos tanpa lemak. Sate maranggi ini disajikan dengan sambel oncom, sambel tomat yang memperkaya cita rasanya.

Es kelapa dan es jeruk merupakan teman yang pas untuk diminum. Sate maranggi lebih nikmat disantap dengan nasi timbel. Bagi warga purwakarta, selain bumbunya yang khas. Keunggulan sate maranggi ini adalah dagingnya yang empuk dan baud aging kambing dan sapinya tidak tercium. Untuk setiap porsinya pembeli cukup mengeluarkan uang sekitar 15 ribu saja.

Para penggemar kuliner dan sate tidak ada salahnya jika mampir ke purwakarta dan mulai menyantap sate maranggi bersama kerabat dan keluarga anda. [asliindonesia, liputan6/*]

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close