Tradisi Hajat Bumi Masyarakat Desa Linggamukti Darangdan


Warga  Linggamukti saat menampilkan kretivitas pada acara Hajat Bumi. Photo/nie

JATILUHURONLINE.id - PURWAKARTA, Dalam upaya melestarikan budaya dan tradisi sunda, masyarakat Desa Linggamukti, Kecamatan Darangdan, menggelar Hajat Bumi (20/05), kegiatan tersebut merupakan pagelaran budaya yang sudah terbiasa dilakukan warga Linggamukti setiap tahunnya.

Dalam acara tersebut, berbagai hasil panen dan hasil alam dipamerkan kemudian diarak kesetiap sudut kampung sekitar.

Ita Sasmita, selaku pejabat sementara (Pjs) Kades Lingga Mukti, menyatakan bahwa acara tersebut merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas hasil alam dan bumi yang diperoleh masyarakat Linggamukti.
"Ini merupakan bentuk syukuran masyarakat kepada sang pencipta atas hasil alam melimpah yang telah diberikan-Nya", tuturnya.


Selain ungkapan syukur, kegiatan Hajat Bumi ini pun merupakan ajang silaturahmi antar warga di desa Linggamukti serta sebagai bentuk kebahagian masyarakat.

Pada kesempatan itu, hadir pula Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi yang biasa akrab disapa Kang Dedi, dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Apalagi, kegiatan ini merupakan upaya melestarikan kebudayaan nenek moyang urang sunda.

"Kami berharap, masyarakat di Desa Lingga Mukti bisa seterusnya mempertahankan tradisi nenek moyang mereka, selain itu bias menjaga tradisi terutama dalam generasi muda sekarang ini", tuturnya,

Dedi menjelaskan arti Hajat Bumi bukan hanya bentuk rasa syukur kepada sang pencipta, tapi juga menjadi ajang pengingat manusia untuk bisa melestarikan alam dan lingkungannya.


"Untuk mengingatkan pada alam, dan kepada Tuhan yang telah memberikan kebaikanNya melalui hamparan alam yang indah," jelasnya. (pn, kp/*)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Tradisi Hajat Bumi Masyarakat Desa Linggamukti Darangdan "

Posting Komentar