Usaha Cuci Steam Motor, Bisa Kurangi Pengangguran


Karawang, Jatiluhuronline - Mengurangi angka pengangguran tidak mesti menyediakan lahan dan industri luas, cukup menyediakan usaha-usaha kecil yang menarik keuntungan lumayan. Dengan melibatkan anak muda sekitar, hal ini akan memberikan penghasilan tersendiri bagi mereka. Pasalnya di tengah tidak diterimanya mereka di suatu perusahaan atau sedang dalam masa menunggu panggilan kerja, pekerjaan kecil justru meringankan beban kebutuhan sehari-harinya.

Hal ini dilakukan oleh seorang warga Desa Jayamukti, Kecamatan Banyusari Karawang, Imran (28), membuka cuci steam motor dan mobil dengan lahan yang cukup di depan rumahnya. Ia melibatkan anak-anak muda sekitar untuk bekerja kepadanya, semasa dalam penganggurannya.

Dikatakan Imran, hal ini dilakukan selain mencari nafkah untuk diri dan keluarga, juga memberikan sumbangsih pada warga sekitar dengan memberdayakan anak-anak mudanya nganggur agar dapat bekerja dan mendapat penghasilan. Walau sedikit yang ia berikan kepada mereka, menurutnya paling tidak meringankan kebutuhan pekerjanya dan memberikan pelayanan kepada konsumen.

“Saya kira usaha ini cukup lebih baik dari pada tidak sama sekali, dari pada membiarkan anak muda jadi pengangguran di desanya. Masalahnya mereka saat ini ada yang sedang dalam masa menunggu panggilan kerja, ada yang baru habis kontrak, bahkan ada yang menganggur karena tidak punya ijazah SLTA,” ujar Imran saat bertemu dengan Jatiluhuronline Jum’at (22/05) di tempat cuci steam miliknya.

Saat ini karyawannya berjumlah enam orang, nampak terlihat mereka dengan semangat memberikan pelayanan kepada konsumen sambil membersihkan kotoran-kotoran pada kendaraan para pelanggan. Sedang upah yang mereka terima hanya sebatas meringankan kebutuhan hidup di desa saja, yaitu sebesar 700 ribu rupiah untuk setiap satu kendaraan roda dua yang sudah beres dicuci. Penghasilan mereka jauh lebih besar, tatkala musim penghujan turun, karena banyak pelanggan yang datang. (AR/***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close