Antisipasi Pencurian Hewan, Warga Jaga Ternaknya Dihutan

Jatiluhuronline.id-Purwakarta, Sejumlah warga Desa Wanawali dan Desa Cikadu Kecamatan Cibatu Purwakarta, pemilik hewan ternak peliharaan berjaga sekitar hutan tempat tinggal mereka. Kandang hewan ternak milik mereka, dijaga ketat berbekal senjata seadanya.

Hal ini dilakukan, untuk melindungi hewan ternak peliharaannya dari para pencuri yang biasa beraksi dibulan suci. Sejak awal ramadhan hingga sekarang, warga desa sekitar hutan intensif rombongan berjaga malam dikandang ternaknya masing-masing. Sambil menyalakan api unggun, dan menyantap perbekalan yang ada.

Tak jarang, warga tidak pulang kerumah diperkampungan karena waktu yang mepet untuk sekedar beristirahat. Mereka membiasakan diri, menemani para anak gembala sampai tiba waktu siang dan hewan ternak siap kembali dilepas kehutan. Dari mulai selesai sembahyang tarawih, sampai pajar tiba.

Emen (43) warga Desa Wanawali, yang memiliki 8 ekor kerbau. Setiap pagi pulang mengambil perbekalan secukupnya, dan langsung kembali kesawah ataupun ladang untuk bercocok tanam. Sambil menunggu hewan ternak kembali dari penggembalaan dan waktu berbuka puasa, ia bekerja menggarap petak sawah miliknya yang akan segera ditanami.

“Sudah seminggu ini gak pulang kerumah, disini saja sambil menjaga hewan ternak bareng yang lain dan anak gembala saya. Kalau sempet atau ada perlu penting sekali baru pulang, kebanyakan disini. Bekal juga, selalu didkirim dari rumah kesini oleh istri. Kadang nitip temen yang mau pulang, atau akan balik lagi kemari.” Kata Emen kepada Jatiluhuronline digubuk sawah miliknya bilangan kawasan hutan Cijangkar saat ditemui Selasa (30/06) pagi.

Ditambahkannya, penjagaan hewan ternak mulai lebih intensif dan ketat banget akhir-akhir ini. Pasalnya, sepekan lalu di Kampung Ciheulang Desa Margaluyu Kecamatan Kiarapedes ada kejadian mencurigakan. Sebuah mobil minibus jenis Suzuki APV malam-malam lewat kesana menuju kearah Desa Wanawali, pas distop warga malah melarikan diri dengan kecepatan tinggi dan tidak terkejar sampai menghilang dikegelapan malam. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close