Dua PNS Pemkab Purwakarta, Dilantik Jadi Penjabat Kepala Desa



Purwakarta, Jatiluhuronline - Kasubag Kepegawaian dan Umum Kecamatan Pondoksalam, Yudi Ginanjar dilantik sebagai Pj Kepala Desa Salem Kecamatan Pondoksalam dengan masa jabatan hingga Agustus 2019. Dan Kasubag Keuangan Kecamatan Darangdan, Ejeh Hasan Nurdin dilantik menjadi Pj Kepala Desa Gunung Hejo Kecamatan  Darangdan. 

Menurut keterangan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Purwakarta, Pandadinata, menyebutkan, dua kepala desa yang diganti merupakan dari kecamatan berbeda. Diantaranya Kades Salem Kecamatan Pondoksalam, Aulia Iyus Mulyadi yang tengah menjalani proses hukum karena terjerat dugaan korupsi dana desa. Yang bersangkutan pada 20 Oktober 2018 lalu.

"Untuk Kades Gunung Hejo, karena meninggal dunia, otomatis harus ditetapkan penggantinya. Semua itu berdasarkan usulan dari pihak Kecamatan Pondoksalam dan Kecamatan Darangdan, Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah menyiapkan dua penjabat (Pj) kepala desa untuk mengisi kekosongan pimpinan di desa tersebut," ujar Panda.

Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Iyus Permana, melantik dua Penjabat Kepala Desa, di Bale Nagri Sekretariat Kabupaten Purwakarta , Selasa (30/10).

Dalam sambutannya yang dibacakan Iyus Permana, Bupati Purwakarta mengatakan. Sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan desa, Kades merupakan pengambil keputusan. Selain itu, Kades bertanggung jawab atas setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintahan desa.

Anne juga berpesan, dalam hal menyusun perencanaan pembangunan harus dilaksanakan secara partisipatif oleh pemdes. Serta melibatkan lembaga kemasyarakatan yang disusun secara sistematis terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan.

"Prinsip dasarnya adalah transparansi, akuntabilitas dan berkelanjutan sejalan dengan perkembangan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah," Pungkas Anne.
(***/AGS 3)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close